Sabtu 19 Mar 2022 08:07 WIB

8 Fakta Sederet Artis Dipanggil Polisi Atas Kasus Doni Salmanan

8 Fakta Sederet Artis Dipanggil Polisi Atas Kasus Doni Salmanan

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Atta Halilintar Sambangi Bareskrim Terkait Kasus Doni Salmanan
Atta Halilintar Sambangi Bareskrim Terkait Kasus Doni Salmanan

VIVA – Kasus Doni Salmanan masih bergulir hingga kini. Rupanya, sederet artis Tanah Air ini menerima saweran miliaran dari Doni Salmanan. Sejumlah artis yang menerima saweran itu pun di panggil polisi untuk memberikan pernyataan. Seperti diberitakan VIVA sebelumnya, bahwa Penyidik Bareskrim Mabes Polri telah menetapkan Doni Salmanan sebagai tersangka kasus tindak pidana penipuan apliaksi Quotex. 

1. Doni Salmanan terancam pidana 20 tahun penjara

Direktur Tindak Pidana Cyber Bareskrim Mabes Polri Brigjen Asep Edi mengatakan atas kasus ini Doni Salmanan terancam hukuman maksimal 20 tahun penjara yang di sangkakan dengan Pasal 45 A ayat 1 jo Pasal 28 ayat 1 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dan/atau Pasal 3 dan Pasal 4 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU.

"Dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 20 tahun dan atau denda paling banyak Rp10 miliar," jelas Edi saat rilis kasus Doni Salmanan Di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Selasa 15 Maret 2022. 

2. Sederet artis yang menerima dana Doni Salmanan akan dipanggil polisi

Edi juga menegaskan dalam penyelidikan kasus ini, pihaknya tidak berhenti sampai saat ini saja, penyidik akan telusuri aset serta aliran dana kepada siapapun terkait Doni Salmanan. Penyidik juga akan panggil lima orang public figure atau artis yang diduga menerima aliran dana dari Doni Salmanan. 

"Rencana tindak lanjut dari penyidik Bareskrim Polri pada Jumat dan Senin minggu depan, penyidik akan melakukan pemanggilan terhadap public figure yang akan menerima aliran uang atau barang yang berkaitan dengan tersangka DS," ujarnya.

3. Rizky Febian terima uang Rp400 juta dari Doni Salmanan

Salah satu artis yang dipanggil polisi karena menerima uang sawer Doni Salmanan yaitu Rizky Febian. Penyanyi Rizky Febian telah menghadiri pemanggilan kepolisian pada Rabu, 16 Maret 2022 kemarin di Bareskrim Polda Metro Jaya.

Ia hadir didampingi pengacaranya untuk memberikan penjelasan tentang dana sebesar Rp400 juta rupiah yang ia terima dari Doni. Ia pun diberi belasan pertanyaan.

Kendati demikian, ia tidak diminta mengembalikan uang Doni, meski sudah siap jika diminta. Diketahui jika uang pemberian Doni itu telah di donasikan untuk Yayasan pada saat itu.

"Saya lakukan untuk donasi, untuk yayasan saat itu. Waktu itu saya enggak tahu-menahu, biarkan ini jadi pelajaran buat saya," ujarnya.

4. Reza Arap terima uang 1 M saat live streaming game

Musisi Reza Arap juga ikut mendatangi Bareskrim, Kamis, 17 Maret 2022 guna memberikan kesaksian soal uang donasi yang diterima dari Doni. Reza Arap mendapatkan uang sebesar Rp 1 miliar rupiah saat ia sedang live streaming game. Uang yang diberikan Doni itu secara cuma-cuma kepada Arap dan sempat viral.

5. Arief Muhammad jual mobil kepada Doni sebesar 4 M

Influencer sekaligus YouTuber Arief Muhammad diketahui menjual mobil Porsche 911 kepada Doni seharga Rp4 miliar rupiah. Arief mengatakan ia dengan senang hati datang ke Bareskrim untuk memberi penjelasan tentang jual beli mobilnya dengan Doni Salmanan.

Dalam sidang tersebut, penyidik hanya menanyakan soal jual beli mobil mewah yang dilakoni Arief Muhammad. Arief hanya ditekankan soal mobil Porsche yang dibeli Doni Salmanan dan sekarang mobil tersebut dijadikan barang bukti sitaan oleh penyidik. 

6. Atta Halilintar diberi hadiah tas Dior

YouTuber paling populer di Tanah Air, Atta Halilintar juga memenuhi panggilan dari kepolisian atas kasus yang menyeret Doni Salmanan. Ia mendatangi Bareskrim pada Kamis, 17 Maret 2022 sekitar pukul 13.18 WIB. Dalam kesempatan itu, Atta sudah membawa hadiah dari Doni Salmanan.

Ia mengakui menerima hadiah dari Doni berupa tas Dior saat ulang tahunnya. Tas itu kemudian dibawa ke kantor polisi untuk diperiksa. Atta pun sebelumnya sudah berjanji untuk mengembalikan tas tersebut. Hal ini diungkapkannya melalui story Instagram resminya beberapa waktu yang lalu. 

7. Rizky Billar menerima amplop saat pernikahannya dengan Lesty

Hari ini, Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri juga akan memeriksa artis Rizky Billar dan YouTuber Alffy Rev. Keduanya diperiksa lantaran pernah menerima uang dari Doni Salmanan, tersangka kasus penipuan Qoutex.

Diketahui jika Rizky Billar pernah mendapatkan hadiah amplop dari sang Crazy Rich Bandung saat momen pernikahannya bersama Lesti Kejora. Meski Rizky Billar tak menyebut jumlah uang yang diterimanya, disebut bahwa uang diberikan sangat fantastis dan berupa mata uang dolar.

Sedangkan Alffy Rev, ia pernah menerima uang dari Doni dalam bentuk sponsor untuk proyek Wonderland Indonesia yang tengah dikerjakan.

8. Asset Doni Salmanan yang disita

Hingga hari ini, Doni Salmanan ditetapkan sebagai tersangka Kasus aplikasi sama Quotex, pihak yang berwajib juga menyita aset Doni Salmanan mulai dari uang tunai Rp 3,3 miliar, mobil Porsche, hingga rumah mewah di Bandung Jawa Barat.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement