Senin 14 Mar 2022 17:39 WIB

Kasus Turun, Epidemiolog Sarankan Pelacakan Covid-19 Lebih Ditingkatkan

Epidemiolog menilai kemampuan deteksi Covid-19 harus meningkat.

Epidemiolog menilai kemampuan deteksi Covid-19 harus meningkat.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Epidemiolog menilai kemampuan deteksi Covid-19 harus meningkat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Epidemiolog dari Universitas Indonesia Tri Yunis Miko Wahyono mengatakan, kemampuan mendeteksi COVID-19 lewat pengujian dan pelacakan kontak harus makin ditingkatkan meski kasus COVID-19 saat ini menurun. "Saya lihat sekarang turun drastis banget (kasus COVID-19) tapi kan pemerintah harus memantau atau melakukan surveilans COVID-19 dengan ketat, kemampuan deteksi harus meningkat," kata Yunis di Jakarta, Senin (14/3/2022).

Masyarakat juga diimbau tidak takut mengikuti pemeriksaan COVID-19 lewat antigen atau PCR karena pengujian perlu dilakukan untuk menemukan infeksi COVID-19 di tengah masyarakat dan mencegah penyebarannya. "Sekarang ada kemalasan untuk masyarakat memeriksa antigen atau PCR, jadi menurut saya banyak kasus yang tidak terdeteksi yang menyebabkan penularan COVID-19 masih ada di Indonesia," ujarnya.

Baca Juga

Semakin cepat kasus ditemukan di tengah masyarakat maka diharapkan bisa semakin mencegah penyebaran COVID-19 meluas. Yunis menuturkan, jika pembebasan sosial terlalu dini dilakukan meskipun saat ini kasus sudah menurun maka kemungkinan akan terjadi peningkatan kasus.Untuk daerah dengan positivity rate yang tinggi, pembatasan sosial harus digencarkan. 

Menurut Yunis, daerah dengan level dua bukan berarti aman dari penularan COVID-19 karena level dua gampang sekali beralih ke level 3. Untuk itu, perlu tetap melakukan pembatasan sosial.

"Mari tetap pertahankan protokol kesehatan sampai nanti ada batas indikator yang bisa digunakan bebas bersama," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement