Senin 14 Mar 2022 12:45 WIB

Anggota Exotic Animal Lovers Wafat Digigit Ular Putih Papua, Pakar: Antiracunnya Belum Ada

Pakar mengingatkan masyarakat untuk tidak berburu ular putih Papua.

Anaas Muhtazululum, anggota Exotic Animal Lovers (Exalos) Indonesia, meninggal dunia akibat digigit Micropechis ikaheka di Misool Raja Ampat, Provinsi Papua Barat pada Sabtu (12/3/2022). Ular tersebut belum ada antiracunnya di dunia.
Foto:

Dengan kejadian tersebut, dr Tri menjelaskan, masyarakat awam di Papua mengetahui bahwa ular putih adalah ular yang sangat beracun. Warga lokal cenderung menghindarinya.

"Saya pernah melakukan penelitian di Raja Ampat dan saya tahu persis bahwa masyarakat setempat tidak pernah menangkap dan memelihara Micropechis ikaheka karena mereka tahu ular tersebut beracun," kata dr Tri yang juga presiden Toxinology Society of Indonesia itu.

Menurut dr Tri, insiden kematian Anaas adalah kecelakaan kerja yang tidak seharusnya terjadi. Anaas yang berasal dari Klaten, Jawa Tengah mencari ular di Misool Raja Ampat bukan pegiat lingkungan dan pemerhati konservasi."Dia mencari ular untuk jual beli dan ada foto-foto yang dikirim kepada saya dari masyarakat di Misool Raja Ampat," kata dr Tri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement