Jumat 11 Mar 2022 07:43 WIB

Hati-Hati, Minum Obat Penghilang Nyeri Terus-terusan Bisa Picu Penyakit Ginjal

Obat pereda nyeri bisa sebabkan masalah pada ginjal jika digunakan secara tak tepat.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Obat pereda nyeri (ilustrasi). Jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi atau secara terus-menerus, obat pereda nyeri bisa menyebabkan penyakit ginjal.
Foto:

Dengan begitu, obat bisa menghilangkan rasa sakit, namun tidak merusak ginjal. Menurut National Kidney Foundation, sebanyak tiga persen hingga lima persen kasus baru gagal ginjal kronis setiap tahun mungkin disebabkan oleh penggunaan obat penghilang rasa sakit yang berlebihan.

Penggunaan jangka panjang dengan dosis tinggi obat nyeri ini dapat membahayakan ginjal. Kerusakan ginjal terjadi karena dosis tinggi obat memiliki efek berbahaya pada jaringan dan struktur ginjal. Obat ini juga dapat mengurangi aliran darah ke ginjal.

Dr Aida menjelaskan, selain obat-obatan pain killer, banyak hal yang menjadi penyebab penyakit ginjal kronis. Penyebab terbanyak adalah hipertensi (35 persen) dan diabetes mellitus (29 persen).

Selain itu, penyebab lain penyakit ginjal kronis adalah glomerulonefritis atau radang ginjal (8 persen), infeksi yang berat, serta kegemukan atau obesitas. Adanya batu ginjal dan batu saluran kemih, penyakit autoimun, faktor keturunan, dan merokok juga dapat menjadi pemicu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement