Rabu 09 Mar 2022 23:05 WIB

Sering Kembung Termasuk Gejala Kanker Ovarium, Kapan Harus ke Dokter?

Selain kembung, perut bengkak dan nyeri panggul juga termasuk gejala kanker ovarium.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit perut (Ilustrasi). Sering kembung, sakit atau nyeri di area perut dan panggul dapat menjadi gejala kanker ovarium.
Foto: Republika/Prayogi
Sakit perut (Ilustrasi). Sering kembung, sakit atau nyeri di area perut dan panggul dapat menjadi gejala kanker ovarium.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada kalanya perempuan mengalami kembung. Apakah ini gejala penyakit biasa atau tanda adanya penyakit berbahaya dalam tubuh, seperti kanker ovarium?

"Kembung adalah perasaan penuh atau sesak di sekitar perut Anda," ujar dr Laura Martin, seperti dilansir dari laman Express.co.uk, Rabu (9/3/2022).

Baca Juga

Merasa sangat sering kembung adalah salah satu kemungkinan indikasi kanker ovarium yang tidak boleh diabaikan. Kembung juga bisa menyebabkan perut bengkak.

Kalau itu adalah kanker, kembung terjadi karena penumpukan cairan di dalam perut. Kondisi ini dikenal sebagai asites.

National Health Service (NHS) mengatakan, area perut, termasuk panggul, mungkin terasa sakit atau nyeri. Sensasi lain yang bisa menandakan kanker ovarium adalah tidak nafsu makan atau merasa cepat kenyang setelah makan. Sensasi lain mungkin termasuk gangguan pencernaan, sembelit, sakit punggung, dan kelelahan.

"Gejala-gejala ini sangat umum dan dapat disebabkan oleh berbagai kondisi," ujar NHS.

Tapi tetap penting untuk memeriksakan diri ke dokter umum. Ini karena jika disebabkan oleh kanker, menemukannya lebih awal bisa berarti lebih bisa diobati

Cancer Research UK menunjukkan lebih dari 7.000 wanita didiagnosis dengan kanker ovarium di Inggris, Skotlandia dan Wales. Jika didiagnosis pada tahap paling awal, sembilan dari 10 akan selamat dari kanker ovarium. Namun, dua pertiga perempuan didiagnosis pada tahap selanjutnya, mengakibatkan sekitar 11 di antaranya meninggal karena kanker ovarium setiap hari.

Untuk menjernihkan kesalahpahaman umum, tes smear tidak akan mendeteksi kanker ovarium. Badan amal Target Ovarian Cancer mencatat, tanpa tes skrining untuk kanker ovarium, rute diagnosis seorang perempuan adalah kunci untuk kelangsungan hidupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement