Rabu 09 Mar 2022 11:55 WIB

Penulis 'Lupus' Hilman Hariwijaya Dimakamkan di TPU Jombang di Ciputat Sore Ini

Lupus sudah terbit hingga lebih dari 50 judul telah dialihwahanakan menjadi film.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Almarhum Hilman Hariwijaya dimakamkan di TPU Jombang di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, pada sore nanti. (ilustrasi)
Foto: Instagram/@thehilmanhariwijaya
Almarhum Hilman Hariwijaya dimakamkan di TPU Jombang di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, pada sore nanti. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alharhum Hilman Hariwijaya, akan dimakamkan pada Rabu (8/3/2022) di TPU Jombang di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Jenazah almarhum saat ini ada di rumah duka di Jalan Mertilang, Bintaro Sektor 9.

Informasi tersebut disampaikan oleh sahabat Hilman, penulis Boim Lebon. Semasa hidupnya, almarhum sudah menulis banyak karya, termasuk seri novel Lupus yang diadaptasi menjadi film dan sinetron. 

Baca Juga

Sahabat almarhum, Gol A Gong, menyampaikan dukacita di akun media sosial Facebook. "WA Dari Mas Gunawan Wibisono, seniorku di Gramedia Majalah: "Innalillahi wa innailaihi roji'uun. Kabar duka. Hilman Hariwijaya sudah pergi menghadap Yang Kuasa hari ini sekitar jam 8.02. Semoga Hilman diterima di sisi-Nya. Aamiin"," tulis Gol A Gong.

Hilman lahir di Jakarta, 25 Agustus 1964. Semula, dia menulis cerita pendek berjudul "Lupus" di majalah Hai pada Desember 1986, yang lantas dibukukan menjadi sebuah novel. Serial novelnya pun bergulir dengan banyak pengembangan tokoh dan amat digemari. 

 

Lupus diceritakan sebagai pelajar SMA yang kreatif, humoris, dan memiliki banyak teman. Gaya andalannya adalah rambut berjambul dan kerap mengunyah permen karet. Dia tinggal di rumah bersama ibunya, Mami, dan adik perempuannya, Lulu. 

Seri novel Lupus yang sudah terbit hingga lebih dari 50 judul telah dialihwahanakan menjadi film layar lebar dan sinetron. Aktor Ryan Hidayat, Oka Sugawa, Rico Karindra, Irgy Ahmad Fahrezy, dan Attar Syah pernah berperan sebagai Lupus.

Selain novel tentang Lupus yang merupakan siswa SMA, Hilman juga merilis Lupus Kecil dan Lupus ABG. Kedua seri itu ditulis Hilman bersama Boim Lebon, merepresentasikan sosok Lupus saat masih duduk di bangku SD dan SMP sehingga dapat menyasar pembaca lintas usia. 

Hilman juga membuat sejumlah seri novel lain yang berkisah tentang Lulu, Olga, Vanya, Vladd, serta Keluarga Hantu. Tidak cuma menulis novel, Hilman pun menggarap banyak naskah sinetron serta skenario film, termasuk Dealova, "Cinta Fitri" musim kedua dan ketiga, "Dari Jendela SMP", serta "Love Story The Series".

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement