Selasa 08 Mar 2022 18:32 WIB

Tingkat IQ Setengah Populasi AS Turun Akibat Paparan Bensin Bertimbal

Paparan bensin bertimbal tinggi pada orang AS yang lahir sekitar tahun 1960-1970-an.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Model otak manusia (ilustrasi). IQ sebagian warga AS yang lahir sebelum 1996 terdampak oleh paparan timbal semasa kanak-kanak. Paparan bensin bertimbal utamanya berasal dari menghirup asap knalpot mobil.
Foto:

Studi juga memperkirakan bahwa kebanyakan orang dewasa kulit hitam di bawah usia 45 tahun mengalami tingkat kadar timbal darah yang jauh lebih tinggi pada awal kehidupan dibandingkan mereka yang berkulit putih. Kesenjangan rasial umumnya disebabkan oleh pencemaran lingkungan.

Masalah infrastruktur yang memengaruhi air minum di lingkungan berpenghasilan rendah dan minoritas juga turut berperan. Krisis air di Flint, Michigan, menjadi salah satu contoh paling mengerikan dalam beberapa tahun terakhir.

Anak-anak adalah yang paling rentan sakit parah akibat timbal. Kerusakan akibat racun dapat muncul bertahun-tahun kemudian. Paparan timbal diyakini menempatkan orang pada risiko penyakit kronis dan penyakit terkait usia, termasuk penyakit kardiovaskular dan demensia.

Ada intervensi medis yang tersedia untuk anak-anak yang baru-baru ini terpapar timbal dalam jumlah tinggi, tetapi itu tidak akan berhasil untuk orang dewasa yang lahir sebelum 1996. Namun, temuan penelitian seharusnya tidak menjadi penyebab utama kekhawatiran.

"Ada sejumlah hal yang masuk ke IQ. Ini adalah salah satu yang jelas negatif, tetapi pengasuhan yang baik juga dapat membantu IQ Anda," kata McFarland.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement