Rabu 02 Mar 2022 03:58 WIB

5 Manfaat Konsumsi Kacang Hijau 

Kacang hijau memiliki banyak nutrisi seperti vitamin A, K, mineral, fitonutrien.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Bubur Kacang Hijau
Foto: Pinterest
Bubur Kacang Hijau

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kacang hijau termasuk salah satu jenis kacang-kacangan yang cukup populer di Indonesia. Setengah cangkir kacang hijau mengandung sekitar 59 kalori.

Dilansir dari Indian Express pada Senin (28/2), kacang hijau memiliki banyak nutrisi seperti vitamin A, K, mineral, fitonutrien, antioksidan, protein dan banyak lagi. Berikut lima manfaat kalau Anda makan kacang hijau :

Baca Juga

1. Penglihatan

Karotenoid lutein dan zeaxanthin dalam kacang hijau membantu penglihatan yang baik dan membantu melindungi mata dari penyakit kronis seperti katarak. Kacang hijau melindungi mata dari cahaya biru berbahaya yang dipancarkan oleh komputer, TV dan layar ponsel yang diketahui berkontribusi terhadap degenerasi makula.

2. Pencernaan

Serat dalam kacang hijau membantu makanan bergerak melalui usus untuk pencernaan yang lebih baik. Sementara itu, coumestrol yang dikandung di dalamnya membantu menurunkan risiko kanker perut.

3. Kesehatan Jantung

Asam lemak omega 3 dan omega 6 dalam kacang hijau mengurangi oksidasi dan peradangan dan bahkan membantu mencegah pembentukan plak di sepanjang dinding pembuluh darah, sesuatu yang merupakan akibat dari peradangan dan stres yang disebabkan oleh radikal bebas.  Magnesium dan potasium dalam kacang hijau juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Kekebalan

Vitamin C, E, seng, katekin dan epikatekin yang ada dalam kacang hijau bertindak sebagai antioksidan yang meningkatkan kekebalan.

5. Antiinflamasi

Kacang hijau juga mengandung vitamin A, B, kolesterol, ferulic, dan coumestrol yang membantu menjaga kondisi peradangan seperti penyakit jantung, diabetes, dan arthritis.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement