Kamis 24 Feb 2022 09:38 WIB

Jadi Tuli Sejak 20 Tahun Lalu, Dave Grohl Andalkan Baca Bibir Saat Mengobrol

Dave Grohl jadi tak bisa baca bibir karena orang memakai masker sejak pandemi.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Vokalis Foo Fighters Dave Grohl mengaku telinganya tuli sejak 20 tahun lalu.
Foto:

Grohl mengatakan tidak ada solusi untuk kondisi medisnya itu. Akhir-akhir ini, dia mengalami kesulitan saat berada di restoran, di mana orang-orang memakai masker.

"Saya sudah membaca bibir selama 20 tahun, jadi ketika seseorang mendatangi saya dengan (suara kacau), saya seperti, 'Saya seorang musisi rock. Saya tuli, saya tidak bisa mendengar apa yang Anda katakan'," kata Grohl.

Meski begitu, Grohl mengatakan dia masih bisa mendengar "hal-hal kecil" saat merekam di studio dan mixing album. Kemampuan musikalitasnya tidak terlalu terpengaruh oleh kondisi pendengarannya.

"Telinga saya masih disetel ke frekuensi tertentu, dan jika saya mendengar sesuatu yang sedikit tidak selaras, atau simbal yang tidak cukup jelas atau semacamnya, saya bisa mendengar hal-hal kecil dari segala sesuatu yang kita sudah lakukan untuk lagu itu, saya benar-benar bisa," ujar Grohl.

Grohl juga memilih untuk tidak menggunakan monitor in-ear saat tampil. Sebab, itu menghilangkan suara atmosfer alami.

"Saya ingin mendengar penonton seperti, di depan saya dan saya ingin berbalik untuk dapat mendengar. (Monitor in-ear) itu hanya mengacaukan pemahaman spasial Anda tentang di mana Anda berada di atas panggung," kata Grohl.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement