Ahad 20 Feb 2022 14:39 WIB

Semangat Revitalisasi Kampung Wisata Kali Code 1001 Jetisharjo

Revitalisasi terinspirasi dari tepi sungai yang menjadi ruang publik di negeri jiran

Wakil Walikota Yogyakarta, Drs. Heroe Poerwadi  (kiri) dan Topan Wijaksono sebagai Area Sales Manager Nippon Paint Indonesia secara simbolis melakukan pengecatan di salah satu hunian di kali Code  1001 Yogyakarta
Foto: istimewa
Wakil Walikota Yogyakarta, Drs. Heroe Poerwadi (kiri) dan Topan Wijaksono sebagai Area Sales Manager Nippon Paint Indonesia secara simbolis melakukan pengecatan di salah satu hunian di kali Code 1001 Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA--Menikmati sensasi 'menenangkan' dari pinggir Kali Code kini menjadi daya tarik tersendiri untuk berwisata di kota Yogyakarta. Kali Code menyimpan sisi historis sebagai sungai purba karena sejak lampau telah dilalui aliran lahar dingin Gunung Merapi, gunung vulkanik teraktif di dunia.

Menariknya, kali sepanjang kurang lebih 42 meter ini membelah kota Yogyakarta menjadi dua, yakni bagian barat dan timur sekaligus menjadi ikon Yogyakarta.    

Baca Juga

Mengacu pada suasana pinggir sungai di kota-kota besar seperti di Singapura, Jepang, Malaysia, Thailand yang menjadi ruang publik karena terpelihara dengan baik, membuat Totok Pratopo, Ketua Pamerti Code, Kelompok Pelestarian Code Berbasis Budaya berinisiatif menduplikasi hal tersebut di Kali Code.

Kampung Kali Code 1001 Jetisharjo juga mengembangkan ekowisata "Jelajah Kampung", di mana para mahasiswa diajarkan mengenai bagaimana mengolah sungai berbasis komunitas, seperti mengetahui persoalan sampah, limbah, dan membatasi sempadan menjadi hunian. Wisatawan juga dapat mencoba trekking sepanjang 3 kilometer dengan rute dari Kewek hingga Kampung Jetisharjo.

Tak lupa, guna meningkatkan daya tarik kali Code, Nippon Paint melalui serangkaian program CSR Warnai Kehidupan kemudian mendonasikan Cat berwarna putih Brilliant White 1001 dan warna biru berseri True Blue. Sebanyak 1.554 liter yang mencakup 12.600 meter persegi atau setara dengan 150 rumah warga digunakan untuk mempercantik kampung kali Code 1001 Jetisharjo. "White-Blue ini menjadi warna ikonik Kampung Kali Code 1001 Jetisharjo, diharapkan akan mengundang lebih banyak wisatawan untuk datang. Selain itu, warna tersebut dapat memberikan energi baru bagi masyarakat sekitar," kata Toto.

"Program 'White-Blue' Kali Code 1001 Jetisharjo ini merupakan bagian dari visi CSR Warnai Kehidupan yaitu meningkatkan pertumbuhan di bidang-bidang yang menghadapi tantangan sosial-ekonomi, " kata Topan Wijaksono sebagai Area Sales Manager Nippon Paint Indonesia dalam keterangan tertlisnya Ahad (20/1).

Diharapkan revitalisasi ini, diharapkan dapat menjadi potensi ekonomi atau mata pencaharian baru warga sebagai pengembang Desa Wisata. Sekaligus menjadikan Kalicode 1001 Jetisharjo sebagai wisata ikonik budaya Yogyakarta yang tentunya menarik dan instagramable.

Sebagai kampung yang sarat budaya dan peduli terhadap lingkungan, Regional Sales Manager Jawa Tengah Nippon Paint Indonesia, Marsellino Najoan mendukung Kampung Kali Code 1001 Jetisharjo dan pemerintah DIY untuk merevitalisasi kampung Jetisharjo lebih dikenal masyarakat. 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko mengatakan Kota Yogyakarta memiliki daya tarik wisata yg beragam. Berupa wisata budaya, sejarah, pendidikan, kuliner, belanja, dan lain sebagainya, yang tersebar di seluruh wilayah Kota Yogyakarta, termasuk di Kampung wisata. 

Wahyu juga berharap, lebih banyak kampung yang akan didukung Nippon paint. Salah satunya yang diusulkan dalam waktu dekat adalah Kampung Kotabaru dan Jogoyudan di pinggir Sungai Code. Hal ini sebagai bagian untuk memperkuat destinasi wisata Kotabaru (Suroto-Sudirman) yang bertujuan demi memecah kepadatan di Malioboro.

Wakil Walikota Yogyakarta, Drs. Heroe Poerwadi menambahkan  kampung-kampung di bantaran sungai Kali Code dengan kekuataan potensinya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.  "Pemerintah Kota Yogyakarta berupaya terus mendorong masyarakat untuk memanfaatkan keunikan Kampung 1001 Kali Code Jetisharjo untuk memperoleh manfaat ekonomi. Kami juga membuka pihak swasta berkolaborasi dalam membangun kampung wisata Jetisharjo agar lebih dikenal publik," katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement