Ahad 20 Feb 2022 13:04 WIB

Mengenal Fatigue atau Kelelahan Berat pada Pasien Kanker Anak

Salah satu upaya mengurangi fatigue adalah dengan beraktivitas fisik.

Badut menghibur pasien kanker anak. Anak penderita kanker sangat mungkin mengalami kelelahan berat atau fatigue.
Foto:

Penanganan fatigue

Penanganan masalah fatigue pada pasien kanker khususnya anak, dari sisi dimensi fisik sebaiknya memegang prinsip hemat energi. Anak hanya melakukan kegiatan yang penting saja atau memilih hal yang ringan. Misalnya saat mandi, anak diberi kursi, kala dia berpakaian diminta sambil duduk, beri dia kaus oblong ketimbang kemeja dengan banyak kancing dan memilih sepatu slip on daripada sepatu bertali.

"Lakukan yang bisa dilakukan dan bantu yang dirasa berat. Kita tidak perlu membantu anak sepanjang waktu karena anak ini terus berkembang, akan tumbuh, dia harus mencapai kepandaian sesuai umurnya," tutur Allenidekania.

Dari sisi dimensi psikologis, fatigue berhubungan dengan munculnya rasa cemas, stres dan depresi. Orangtua atau orang sekitar pasien bisa membantu mengurangi masalah psikologis pasien dengan mengajak bicara pasien dan menunjukkan empati terhadap kecemasan. Pada pasien, masalah psikologis yang kerap terjadi antara lain stres, depresi berhubungan dengan fatigue. Sedangkan pada mereka yang tidak depresi, lebih sedikit fatigue-nya atau tidak mengalaminya sama sekali.

Anak berusia besar cenderung emas karena pikiran mereka lebih berkembang ditambah kemungkinan mengalami trauma selama prosedur terapi dan cemas antisipatif. Sekolah yang terganggu dan memikirkan orang tua yang kadang tak sengaja berkeluh kesah pada anak juga dapat menyebabkan cemas.

Untuk dimensi kognitif, Allenidekania menyarankan orangtua atau orang terdekat pasien membantu meningkatkan kembali kemampuan kognitif pasien dengan cara berbicara dengan jelas dan lambat, tidak menyebutkan banyak hal dalam satu waktu, meminta anak mengulang apa yang disampaikan dan membuat catatan sebagai pengingat. "Dengan latihan ini sering-sering, nanti anak terbiasa misalnya memang kondisi kekuatan ingatannya tidak mampu menyimpan banyak hal, maka dia akan punya kebiasaan baru yaitu mencatat," saran dia.

Sementara dari dimensi sosial, mempertahankan hubungan dengan sesama seperti memfasilitasi pasien bertemu orang terdekat juga dapat membantu menurunkan fatigue-nya. Fatigue atau kelelahan sangat berat termasuk salah satu kondisi yang dialami pasien kanker sebelum hingga setelah terapi. Sejumlah hal bisa dilakukan untuk membantu mengatasi atau setidaknya mengurangi masalah ini, mulai dari mengajak pasien melakukan aktivitas fisik hingga berempati dengan kecemasan yang dialaminya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement