Kamis 17 Feb 2022 13:28 WIB

'Dorce Dapat Nama 'Gamalama' dari Sultan Ternate'

Nama 'Gamalama' diberikan sebagai penghargaan kedekatan Dorce-masyarakat Ternate.

Pemakaman jenazah artis senior Dorce Gamalama dilakukan dengan protokol Covid-19 di TPU Bantar Jati, Cipayung, Jakarta, Rabu (16/2/2022). Nama belakang Dorce berasal dari pemberian Sultan Ternate ke-48.
Foto:

Dorce, menurut Ully, pernah hidup di Ternate dan tinggal di Kelurahan Santiong dan Tanah Tinggi. Ketika bertemu warga Ternate di Jakarta, Dorce disebut selalu menggunakan bahasa lokal orang Ternate untuk saling bercengkerama.  Dorce juga sering datang untuk melihat kemeriahan Legu Gam yang dihelat kesultanan.

"Bahkan, ketika Sultan Mudaffar Sjah meninggal dunia pada 19 Februari 2015 lalu, Dorce menciptakan lagu yang berjudul "Selamat Jalan Sultan Ternate Mudaffar Sjah" sebagai ungkapan rasa kagum dan hormatnya kepada Sang Sultan," tutur Ully yang mengaku akrab dengan almarhum Dorce saat di Ternate.

Ully mengatakan, Dorce yang lahir dengan nama asli Dedi Yuliardi itu hadir dalam pemakaman Sultan Mudaffar Sjah. Artis senior Dorce Gamalama meninggal dunia pada Rabu (16/2/2022) sekitar pukul 07.30 WIB di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Simprug, Jakarta dalam usia 58 tahun.

Sebelumnya, kondisi kesehatan Dorce sempat menurun dan tidak sadarkan diri sehingga dilarikan ke rumah sakit. Dorce yang mengidap diabetes terkena Covid-19.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement