Rabu 16 Feb 2022 00:40 WIB

Cara Paling Manjur dan Cepat untuk Bakar Lemak Perut

Masalah lemak perut alias lemak visceral perlu diatasi dengan cara yang tepat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Untuk mengecilkan lemak di perut, olahraga adalah salah satu jawabannya. Lakukan secara rutin dan caranya juga tidak selalu harus ke gym. Sembari merawat tanaman di kebun, olahraga bisa dilakukan.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Untuk mengecilkan lemak di perut, olahraga adalah salah satu jawabannya. Lakukan secara rutin dan caranya juga tidak selalu harus ke gym. Sembari merawat tanaman di kebun, olahraga bisa dilakukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lemak perut atau lemak visceral merupakan lemak yang biasanya berada dekat dengan organ-organ perut seperti lambung, hati, dan ginjal. Lemak visceral berlebih kerap berkaitan dengan masalah kesehatan dan risiko penyakit. Cara apa yang paling manjur dan cepat untuk mengatasinya?

Ahli endokrinologi dr Rasa Kazlauskaite mengatakan, cara cepat untuk mengeliminasi lemak visceral berlebih adalah dengan menjauhi gula dan meningkatkan asupan serat. Menurut dr Kazlauakaite, asupan gula dapat meningkatkan lemak visceral.

Baca Juga

Sebaliknya, konsumsi serat dapat mengurangi lemak perut tersebut. Terkait konsumsi serat, dr Kazlauskaite mengatakan, sebagain orang mungkin mengira bahwa jus buah merupakan pilihan yang lebih baik dibandingkan soda. Padahal, proses pelumatan buah menjadi jus membuat kandungan serat di dalam buah jadi terbuang.

"Jadi satu cara cepat memperbaikinya, satu cara memperbaiki yang paling pasti, adalah menjauhi minuman bergula," jelas dr Kazlauskaite, seperti dilansir Express.co.uk, Selasa (15/2/2022).

 

Menurut British Nutrition Fundation, serat adalah jenis karbohidrat yang tidak bisa dipecah oleh tubuh. Saat dikonsumsi, serat akan melewati usus menuju usus besar.

"(Serat) secara alami bisa ditemukan di makanan nabati, seperti biji padi-padian utuh (wholegrain), polong, kacang-kacangan, buah, dan sayuran," jelas dr Kazlauskaite.

Upaya membatasi asupan gula dan meningkatkan konsumsi serat juga perlu disertai dengan beberapa hal lain yang juga membantu mengurangi lemak visceral. Salah satunya adalah rutin melakukan aktivitas fisik atau olahraga.

"Baik pada laki-laki maupun perempuan, lemak pertama yang akan hilang ketika Anda berolahraga adalah lemak visceral," ujar dr Kazlauskaite.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement