Selasa 15 Feb 2022 18:32 WIB

Olahraga Paling Aman dan Paling Berbahaya untuk Penderita Osteoarthritis

Tidak semua jenis olahraga baik untuk penderita osteoarthritis.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Berlari. Bagi penderita osteoarthritis, olahraga lari tidak disarankan.
Foto:

Meskipun berlari untuk sebagian besar tidak menyebabkan radang sendi, medan di mana seseorang terlibat dalam berlari atau berolahraga dapat memperburuk gejala OA. Ini karena kebutuhan konstan untuk menyesuaikan postur pada setiap langkah yang menyebabkan sendi pinggul bekerja lebih keras.

Baru mulai olahraga? Jika seseorang yang relatif baru dalam olahraga ingin meningkatkan jarak secara teratur, sebaiknya batasi penjelajahan awal pada permukaan yang halus.

photo
Terdengar Mirip, Ini Beda Penanganan Steophorosis dan Osteoarthritis - (Republika)

Selain olahraga dan penurunan berat badan, obat penghilang rasa sakit juga disarankan. OA menyebabkan peningkatan rasa sakit dan kekakuan pada sendi yang mengurangi kualitas hidup pasien.

Parasetamol dan NSAID (obat antiinflamasi nonsteroid) dapat membantu mengurangi rasa sakit ini dengan mengurangi peradangan dalam hubungannya dengan operasi dan olahraga. NSAID hanya akan diresepkan oleh dokter umum jika parasetamol tidak efektif. Penggunaannya akan tergantung pada kasus individu.

Obat penghilang rasa sakit lain seperti kodein juga digunakan oleh dokter dalam pengobatan OA. Namun, beberapa dapat menyebabkan efek samping yang tidak nyaman seperti mual dan sembelit. Selain perubahan gaya hidup dan obat penghilang rasa sakit, perawatan suportif seperti fisioterapi dan stimulasi saraf efektif dalam mengobati kondisi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement