Selasa 15 Feb 2022 15:29 WIB

Kena Omicron, Ibu Menyusui Perlihatkan ASI-nya Berubah Warna Jadi Hijau, Apa Kata Pakar?

ASI yang berubah warna menjadi hijau diklaim terkait dengan infeksi omicron.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Akun Instagram @ashmiry_ membagikan foto yang memperlihatkan perbedaan warna ASI saat sebelum dan setelah bayi dari seorang ibu di Australia positif Covid-19. Warna hijau diklaim sebagai bentuk adanya perubahan nutrisi untuk bayi positif Covid-19.
Foto:

Serky mengatakan, data menunjukkan bahwa ibu dapat mentransfer antibodi jika mereka juga divaksinasi. Biasanya, ibu akan melihat ASI berwarna kuning pada awalnya dan akhirnya berubah menjadi warna keputihan. Saat susu ibu matang, Serky mengatakan, itu bisa menyebabkan semburat sedikit kebiruan.

photo
Tips menyusui di tempat umum pada era normal baru. - (Republika)

ASI memang dapat memiliki palet warna yang luas. Namun, Serky dan konsultan laktasi University of Louisville Hospital, Alex Keller, mengatakan, tidak ada pasien positif Covid-19 yang sedang menyusui memiliki ASI berwarna hijau.

"Warna ASI bisa berbeda untuk setiap ibu, saya tidak berpikir bahwa kita dapat menentukan bahwa perubahan warna dari susunya berasal dari Covid. Tidak banyak data yang mendukung itu," kata Keller.

Keller mengatakan, dari data-data yang ada, biasanya dokter menyebut perubahan warna ASI itu disebabkan oleh makanan, perubahan pola makan, dan obat-obatan. Asosiasi Menyusui Australia juga mencatat bahwa ASI hijau dapat terjadi setelah makan sejumlah besar makanan berwarna hijau (atau bahkan biru), seperti sayuran hijau, rumput laut, dan jenis rumput laut lainnya dalam bentuk tablet atau konsentrat vitamin alami.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement