Senin 14 Feb 2022 09:29 WIB

Bayi 21 Bulan Merana Setelah Bibirnya Dicium Orang Dewasa

Ibu di Inggris ingatkan ayah-ibu agar tidak membiarkan bayinya dicium orang dewasa.

Seorang bayi mengalami cold sore setelah bibirnya dicium oleh orang dewasa pembawa virus herpes.
Foto:

National Health Service (NHS) mengatakan luka menular dari saat Anda pertama kali merasa kesemutan atau tanda-tanda lainnya. “Luka membutuhkan waktu untuk sembuh dan sangat menular, terutama ketika lepuh pecah,” kata NHS.

Pada orang dewasa, virus herpes juga menyebar melalui seks oral. Saat anak terkena cold sore untuk pertama kalinya, lepuh dapat menyebar melalui mulut dan gusi. Mereka mungkin mengalami demam, sakit tenggorokan, lekas marah, dan air liur. Virus herpes tetap berada di dalam tubuh selama sisa hidup, yang menyebabkan serangan berulang.

Persoalannya, banyak orang hidup dengan virus ini tanpa pernah menunjukkan gejala. Herpes bisa berbahaya bagi bayi yang baru lahir, khususnya karena mereka yang belum membangun sistem kekebalan tubuh. Disebut herpes neonatal, sangat jarang terjadi di Inggris tetapi dapat menyebabkan kematian jika virus menyebar ke organ bayi.

"Seorang bayi paling berisiko terkena infeksi herpes dalam empat minggu pertama setelah lahir," ujar NHS.

NHS menekankan orang tua tidak boleh membiarkan orang lain mencium bayinya jika menderita pilek demi mengurangi risiko penyebaran infeksi. Beberapa orang mengomentari unggahan Green untuk memperingatkan orang tua bahwa penyakit tangan, kaki, dan mulut alias flu singapura juga dapat menyebabkan gejala yang sama.

Tanda-tanda khas adalah sakit tenggorokan, yaitu suhu tinggi dan kurang nafsu makan. Sariawan dan ruam muncul beberapa hari kemudian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement