Kamis 10 Feb 2022 20:23 WIB

Ingat, OTG Covid-19 Tetap Mampu Tularkan Virus ke Orang Lain

OTG Covid-19 juga bisa membahayakan orang lain.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Reiny Dwinanda
Tes Covid-19. Satgas menyebut, tidak semua kasus positif Covid-19 di lapangan dapat ter-skrining 100 persen sehingga orang tanpa gejala (OTG) tidak mengetahui penyakitnya dan dapat menularkan virusnya jika abai terapkan protokol kesehatan..
Foto:

Wiku mengungkapkan, strategi lainnya untuk mencegah penularan dan mengantisipasi adanya kasus tanpa gejala ialah dengan meningkatkan rasio kontak erat atau jumlah orang yang diidentifikasi sebagai kasus suspek. Selain itu, perlu dipertimbangkan pula ambang waktu yang tepat dan metode testing yang lebih akurat untuk melakukan testing sejak pertama kali terpapar demi menjamin hasil tes yang keluar benar-benar akurat.

"Yang berikutnya, melakukan surveilans aktif khususnya pada tempat-tempat yang berisiko tinggi terjadi penularan atau hotspot penularan, seperti rumah sakit, kantor, maupun sekolah," katanya.

Apakah orang tanpa gejala lebih menular daripada yang bergejala? Wiku menjelaskan, hal tersebut belum terungkap.

"Metode testing seperti PCR yang dapat mengukur CT value hanya sekedar mengukur jumlah virus yang terdapat di dalam tubuh seseorang, bukan jumlah virus yang mampu ditularkan dari orang tersebut ke orang lain," kata Wiku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement