Kamis 10 Feb 2022 18:14 WIB

Sesuatu di Dalam Perut Bikin Orang Rentan Depresi, Apa Itu?

Studi selama 16 tahun mengungkap salah satu penyebab orang rentan depresi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan depresi (Ilustrasi). Peneliti di Finlandia mengungkap kaitan antara populasi bakteri usus dengan kejadian depresi.
Foto:

Studi berbeda yang sudah dilakukan sebelumnya juga menemukan adanya hubungan antara kesehatan usus dan depresi serta peran potensial Morganella. Studi yang dilakukan pada 2008 ini menemukan bahwa sistem imun penderita depresi memiliki respons yang lebih kuat terhadap zat kimia yang diproduksi oleh Mogranella dan bakteri usus serupa.

Saluran pencernaan mengandung triliunan bakteri yang turut memengaruhi beragam aspek kesehatan, khususnya sistem saraf enterik (ENS). ENS diketahui dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti sindrom iritasi usus besar, hingga kecemasan dan depresi.

"Selama berpuluh-puluh tahun, peneliti dan dokter berpikir bahwa kecemasan dan depresi berkontribusi pada masalah-masalah ini," jelas Direktur Johns Hopkins Center for Neurogastroenterology Jay Pasricha MD, dikutip EatThis, Kamis (10/2/2022).

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga keseimbangan bakteri yang sehat di saluran pencernaan. Sebagian di antaranya adalah menerapkan pola makan sehat, khususnya tinggi serat, istirahat dan tidur malam yang cukup sekitar tujuh sampai sembilan jam per malam, olahraga rutin setidaknya 150 menit per pekan dengan intensitas sedang, dan mengelola stres.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement