Kamis 10 Feb 2022 15:21 WIB

Makan Ini Setiap Hari untuk Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi makanan bernutrisi menjadi cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Mengonsumsi makanan bernutrisi menjadi cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Foto: www.piqsels.com
Mengonsumsi makanan bernutrisi menjadi cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga sistem kekebalan tubuh dalam kondisi prima sangat penting di tengah merebaknya varian Covid-19 Omicron, terlebih saat puncak musim flu tiba. Jika sistem kekebalan atau imun kuat, seseorang akan siap untuk melawan penyakit yang menghampiri. 

Salah satu cara terbaik untuk melindungi sistem kekebalan tubuh adalah melalui konsumsi makanan padat nutrisi.  Sayangnya, dengan kehidupan yang sibuk, sebagian orang merasa kewalahan mengatur pola makan dan menetapkan apa yang harus disantap.

Baca Juga

Ahli diet berlisensi dari Life Time, Paul Kriegler, memberikan kiat agar pola makan sehat bisa terwujud. Menurut dia, yang paling penting adalah fokus pada pola makan mengenyangkan dengan nutrisi optimal. Seseorang tidak perlu terlalu terjebak dalam pembatasan.  

"Tidak perlu mencemaskan kalori, lemak, atau kategori makanan tertentu. Pilih sumber nutrisi berdasarkan kemampuannya memberikan jumlah nutrisi yang lebih optimal untuk membantu Anda merasa dan berfungsi sebaik mungkin serta memuaskan energi dan  kebutuhan nafsu makan," kata Kriegler.

Penelitian menunjukkan bahwa membatasi kalori dalam jangka waktu lama bisa menurunkan jumlah sel darah putih dalam tubuh. Artinya, ketahanan sistem kekebalan bisa berkurang. Itu bertentangan dengan tujuan makan yang seharusnya membuat tubuh lebih kuat.

Ada satu nutrisi yang paling dibutuhkan sistem kekebalan tubuh, yaitu folat. Folat adalah vitamin yang larut dalam air dan terlibat dalam replikasi semua sel, termasuk sel sistem kekebalan. Nutrisi itu penting untuk memproduksi antibodi yang dimediasi sel kekebalan adaptif.

Sebagian besar sayuran cruciferous merupakan sumber folat yang baik, pengolahannya juga sangat mudah dan fleksibel. Sayur bisa diolah dengan cara mengukus, merebus, memanggang, hingga menumis sehingga tidak pernah membosankan.

"Sayuran cruciferous antara lain brokoli, kembang kol, arugula, bok choy, kangkung, lobak, kol, kubis brussel, dan lainnya," ujar Andrew Odegaard, profesor madya dalam bidang epidemiologi dan biostatistik di University of California, Irvine.  

Memasukkan berbagai buah dan sayuran ke dalam menu, terutama yang kaya akan folat, merupakan cara tepat meningkatkan kekebalan tubuh. Meski begitu, para pakar mengingatkan untuk mengonsumsi makanan lengkap dan seimbang setiap hari, dikutip dari laman She Finds, Kamis (10/2/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement