Kamis 10 Feb 2022 07:48 WIB

Tubuh Bisa Menua Lebih Cepat Gara-Gara Kebiasaan Makan Seperti Ini

Ada empat kebiasaan makan yang dapat membuat proses penuaan jadi lebih cepat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Sayuran (ilustrasi). Sayuran merupakan salah satu sumber serat. Kecukupan asupan serat penting dalam mencegah proses penuaan yang lebih cepat.
Foto:

Terlalu banyak asupan gula tambahan

Mengonsumsi terlalu banyak gula tambahan bisa meningkatkan beberapa risiko penyakit yang dapat mempercepat penuaan. Di samping itu, kebiasaan mengonsumsi gula tambahan berlebih juga berkaitan dengan kondisi kesehatan kulit yang buruk.

"Pola makan tinggi gula bisa menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan memicu resistensi insulin, yang berkaitan dengan diabetes, penyakit jantung, dan strok," ujar ahli gizi Janet Coleman RD.

Proses alami glikasi juga diketahui memecah kolagen di kulit sehingga membuat tampilan kulit tampak lebih kusam. Menurut sebuah studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition, konsumsi gula tambahan dari makanan proses berkaitan dengan kerentanan pada populasi usia tua.

Baca juga : 8 Langkah Perawatan untuk Bantu Pemulihan Anak Positif Covid-19

Melupakan prebiotik

Menjaga kesehatan usus merupakan salah satu cara terbaik dalam memperlambat proses penuaan. Mengonsumsi makanan tinggi prebiotik dalam keseharian bisa membantu.

"Prebiotik merupakan sumber energi untuk bakteri baik di usus kita," jelas  ahli gizi Kara Landau RD.

Memelihara kesehatan usus dengan mengonsumsi makanan tinggi prebiotik penting dilakukan karena kesehatan usus berkaitan dengan respons imun yang lebih kuat. Dengan respons imun yang kuat, kemungkinan untuk terjadinya penyakit dan inflamasi akan lebih rendah.

Makanan yang kaya akan prebiotik juga cukup beragam dan memiliki rasa yang lezat. Makanan tersebut mencakup oat, kacang polong, legum, bayam, bluberi, asparagus, apel, atau bawang putih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement