Rabu 09 Feb 2022 01:10 WIB

Rekomendasi Makanan-Minuman Buat yang Sudah Divaksinasi Lalu Positif Covid-19

Untuk mendukung pemulihan dari Covid-19, coba asup tujuh makanan-minuman ini.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Sejumlah makanan dan minuman tertentu direkomendasikan ahli gizi untuk pemulihan Covid-19, termasuk pada orang yang mengalami kasus terobosan, yakni kena Covid-19 meski sudah divaksinasi.
Foto:

Sitrus

Gejala seperti pilek cukup sering ditemukan dalam kasus Covid-19. Buah sitrus, seperti lemon atau jeruk, bisa membantu meredakan gejala-gejala pilek, mulai dari batuk, hidung tersumbat, dan nyeri tenggorokan.

Sitrus, menurut ahli gizi Jay Cowin, kaya akan vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun dan membantu melawan infeksi lebih cepat.

Salmon liar

Asupan protein yang sehat sangat dianjurkan di masa pemulihan Covid-19. Salmon liar dapat menjadi salah satu pilihan. Salmon liar tak hanya kaya portein tetapi juga mengandung lemak sehat seperti omega 3 yang memiliki sifat antiinflamasi dan bermanfaat dalam mengobati Covid-19.

Air putih

Menjaga hidrasi memegang peranan penting dalam proses pemulihan Covid-19, baik pada orang dewasa maupun anak. Asupan cairan yang cukup diperlukan agar beragam fungsi tubuh bekerja dengan baik.

Ahli gizi Lyndsay Hall mengatakan, dehidrasi atau kekurangan cairan bisa memicu perburukan gejala Covid-19. Selain itu, kekurangan cairan hanya satu hingga tiga persen saja sudah bisa mengganggu ketajaman fokus dan energi.

Salah satu minuman yang sangat dianjurkan untuk menjaga hidrasi tubuh adalah air putih. Bila tidak begitu menyukai rasa air putih, tambahkan potongan lemon atau buah lain untuk memberi rasa yang segar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement