Sabtu 05 Feb 2022 21:55 WIB

Enam Cara Tingkatkan Energi Tubuh

Minum air putih dan berolahraga penting agar tubuh berenergi.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Indira Rezkisari
Ada sejumlah trik yang bisa dilakukan meningkatkan energi tubuh, salah satunya berolahraga.
Foto:

3. Sarapan Kaya Protein

Memulai pagi dengan sarapan kaya protein adalah cara yang bagus untuk mendapatkan energi. Makanan kaya protein seperti telur, yogurt, bacon, atau sosis dapat membantu merasa kenyang lebih lama dan memberi energi berkelanjutan sepanjang hari.

Mengonsumsi protein juga membantu menstabilkan kadar gula darah dan mencegah kecelakaan yang sering terjadi setelah mengonsumsi makanan manis. Protein dianjurkan ketika ingin meningkatkan tingkat energi. Karbohidrat dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak, yang menghasilkan ledakan energi yang cepat.

Jumlah protein yang dibutuhkan tergantung pada berat badan dan tingkat aktivitas. Tunjangan harian yang direkomendasikan untuk asupan protein adalah sekitar 10 persen dari kalori harian.

4. Berolahraga

Saat berolahraga di pagi hari, Anda akan meningkatkan tingkat energi dan metabolisme sepanjang hari. Plus, berolahraga membangun massa otot yang membantu menjaga tubuh tetap ramping dan bugar. Anda dapat memulai dengan latihan sepuluh menit atau berjalan-jalan di sekitar lingkungan.  Seiring berjalannya waktu, tingkatkan durasi latihan menjadi tiga puluh menit atau lebih setiap hari.

Berolahraga di pagi hari sangat dianjurkan karena metabolisme tubuh lebih aktif setelah beristirahat. Berolahraga di siang hari juga dapat membantu meningkatkan tingkat energi, tetapi pastikan meluangkan waktu untuk beristirahat.

5. Relaksasi

Mengakhiri hari dengan relaksasi mungkin merupakan cara terbaik untuk bersiap tidur. Yoga, meditasi, atau membaca adalah cara yang bagus untuk bersantai dan menenangkan pikiran sebelum tidur.

Bersantai sebelum tidur penting karena hormon stres yang dikenal sebagai kortisol akan tetap pada tingkat tinggi selama berjam-jam setelah bangun.  Anda perlu memberi tubuh sekitar satu jam "waktu tenang" sehingga dapat bersantai dan bersiap untuk tidur.

6. Hindari Stres

Stres tidak pernah baik untuk kesehatan dan dapat menyebabkan kelelahan.  Jika mencari cara untuk bersantai, cobalah luangkan waktu 20 menit dari hari untuk berlatih latihan pernapasan dalam atau peregangan yoga.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement