Sabtu 05 Feb 2022 09:00 WIB

Mana yang Lebih Unggul, Olahraga Bersepeda atau Jalan Kaki?

Bersepeda-berjalan kaki ideal ideal untuk kebugaran, tapi ada beda soal bakar kalori.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Bersepeda (ilustrasi). Dibandingkan dengan berjalan kaki, ada keunggulan bersepeda dalam hal membakar kalori.
Foto:

Penurunan risiko pada pejalan kaki terpantau sebesar tujuh persen jika dibandingkan dengan pengendara mobil. Secara alami, berjalan dan bersepeda pun dapat meningkatkan suasana hati dan menjernihkan pikiran.

Dengan pertimbangan pembakaran kalori, bersepeda juaranya. Jumlah kalori yang terbakar sebenarnya sangat tergantung pada tinggi, berat, dan usia seseorang, namun pedoman umum dari Healthline memberikan gambaran versi moderat dari kedua latihan.

Berjalan kaki 30 menit dengan kecepatan enam kilometer per jam akan membakar 179 kalori. Jumlah itu lebih sedikit jika dibandingkan dengan bersepeda selama 30 menit. Pesepeda biasanya akan mengayuh dengan kecepatan 19 kilometer per jam dan membakar 285 kalori.

Sebenarnya, olahraga bukan hanya tentang pembakaran kalori, tapi aspek ini perlu diperhatikan jika seseorang memiliki tujuan menurunkan berat badan. Pakar kebugaran Penny Weston berpendapat jalan kaki dan bersepeda sama-sama baik, namun bersepeda mungkin merupakan pilihan yang lebih cocok apabila ingin menurunkan berat badan.

Meski begitu, Weston menekankan sebaiknya penurunan berat badan sebaiknya tidak menjadi tujuan satu-satunya seseorang berolahraga. Pasalnya, ada banyak manfaat fisik dan mental yang didapat dari olahraga, dikutip dari laman Metro, Sabtu (5/2/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement