Senin 31 Jan 2022 11:51 WIB

6 Manfaat Madu, Sumber Nutrisi Hingga Sembuhkan Luka Bakar

Madu sudah dikenal sejak lama memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah
Madu sudah dikenal sejak lama memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.
Foto:

4. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Madu dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar lemak darah, mengatur detak jantung Anda dan mencegah kematian sel-sel sehat. Ini semua faktor yang dapat meningkatkan fungsi dan kesehatan jantung. Satu studi observasional termasuk lebih dari 4.500 orang di atas usia 40 tahun mengaitkan asupan madu moderat dengan risiko tekanan darah tinggi yang lebih rendah di kalangan wanita.

 

5. Bisa Menyembuhkan Luka Bakar 

Pengobatan madu topikal telah digunakan untuk menyembuhkan luka dan luka bakar sejak Mesir kuno. Praktek tersebut masih umum sampai sekarang. Sebuah tinjauan dari 26 studi tentang madu dan perawatan luka menemukan bahwa madu paling efektif untuk menyembuhkan luka bakar sebagian dan luka yang telah terinfeksi setelah operasi.

Madu juga merupakan pengobatan yang efektif untuk ultus kaki terkait diabetes, yang merupakan komplikasi serius yang dapat menyebabkan amputasi. Satu studi termasuk orang dengan ulkus kaki terkait diabetes melaporkan tingkat keberhasilan 43,3 persen dengan madu sebagai pengobatan luka. 

Para peneliti berteori bahwa kekuatan penyembuhan madu berasal dari efek antibakteri dan anti-inflamasinya. Terlebih lagi, ini dapat membantu mengobati kondisi kulit lainnya, termasuk psoriasis dan lesi herpes.

Madu Manuka dianggap sangat efektif untuk mengobati luka bakar.  Namun, jika Anda mengalami luka bakar yang parah, Anda harus segera mencari pertolongan medis.

 

6. Dapat Membantu Meredakan Batuk pada Anak-Anak  

Batuk adalah masalah umum bagi anak-anak dengan infeksi saluran pernapasan atas. Infeksi ini dapat mempengaruhi tidur dan kualitas hidup anak dan orang tua. Namun, obat batuk biasa tidak selalu efektif dan dapat menimbulkan efek samping. Menariknya, madu bisa menjadi alternatif yang baik, dengan bukti yang menunjukkan bahwa itu adalah pilihan pengobatan yang efektif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement