Senin 31 Jan 2022 11:51 WIB

6 Manfaat Madu, Sumber Nutrisi Hingga Sembuhkan Luka Bakar

Madu sudah dikenal sejak lama memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah
Madu sudah dikenal sejak lama memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.
Foto: www.freepik.com.
Madu sudah dikenal sejak lama memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Madu adalah cairan manis yang dibuat lebah dari nektar tanaman.  Dicintai di seluruh dunia karena rasa manis dan kedalaman rasanya, madu digunakan dalam banyak makanan dan resep. Bau, warna, dan rasa madu bervariasi berdasarkan jenis bunga sehingga ada banyak varietas yang tersedia.

Dilansir dari news in asia pada Senin (31/1/2022), madu juga sudah dikenal memiliki sejumlah manfaat kesehatan potensial dan berperan dalam banyak pengobatan rumahan dan pengobatan alternatif. Berikut tujuh manfaat unik madu bagi kesehatan.

Baca Juga

1. Mengandung Berbagai Nutrisi

Madu pada dasarnya adalah gula murni tanpa lemak dan hanya mengandung sedikit protein dan serat. Madu mengandung sejumlah kecil nutrisi tetapi kebanyakan orang biasanya tidak mengkonsumsi cukup madu untuk menjadi sumber makanan vitamin dan mineral yang signifikan. Namun, perlu dicatat bahwa madu kaya akan senyawa tanaman yang meningkatkan kesehatan yang dikenal sebagai polifenol.

 

2. Kaya akan Antioksidan

Madu berkualitas tinggi yang diproses secara minimal, tidak dipanaskan dan segar, mengandung banyak senyawa tanaman bioaktif penting dan antioksidan, seperti flavonoid dan asam fenolik. Varietas yang lebih gelap cenderung menawarkan lebih banyak antioksidan daripada varietas yang lebih ringan.

Antioksidan membantu menetralkan spesies oksigen reaktif (ROS) dalam tubuh yang dapat menumpuk di sel dan menyebabkan kerusakan. Kerusakan ini dapat menyebabkan kondisi seperti penuaan dini, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Dengan demikian, banyak manfaat kesehatan madu dikaitkan dengan kandungan antioksidannya.

 

3. Lebih Baik untuk Kadar Gula Darah daripada Gula Biasa

Dalam hal manajemen gula darah, madu mungkin menawarkan sedikit manfaat dibandingkan gula biasa. Meskipun madu meningkatkan kadar gula darah seperti jenis gula lainnya, antioksidan yang dikandungnya dapat membantu melindungi terhadap sindrom metabolik dan diabetes tipe 2.

Para peneliti telah menemukan bahwa madu dapat meningkatkan kadar adiponektin, yakni hormon yang mengurangi peradangan dan meningkatkan regulasi gula darah. Ada juga beberapa bukti bahwa asupan madu setiap hari dapat meningkatkan kadar gula darah puasa pada penderita diabetes tipe 2.

Namun, meskipun madu mungkin sedikit lebih baik daripada gula rafinasi untuk penderita diabetes, namun tetap harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. Penting juga untuk mengetahui bahwa jenis madu tertentu dapat diencerkan dengan sirup biasa. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement