Jumat 28 Jan 2022 16:38 WIB

Tren FOMO dan YOLO Bikin Milenial dan Gen Z Jadi Boros

Tren FOMO (Fear of Missing Out) dan YOLO (You Only Live Once) marak di media sosial.

Belanja online (ilustrasi). Agar tidak boros, gen Z dan milenial perlu belajar menahan diri terhadap godaan sesaat.
Foto:

Sementara itu, Olga menyampaikan manfaat dari yang ia sebut sebagai mindful living. Menurutnya, gaya hidup minimalis bukan serta merta tentang memakai baju warna monokrom dan memiliki sedikit barang.

"Lebih dari itu, perlu kesadaran untuk mengenal kebutuhan diri sendiri, melepas keterikatan yang tidak diperlukan dan 'hadir' dalam setiap pengambilan keputusan," kata Olga.

Dengan begitu, setiap pengeluaran menjadi lebih bijaksana. Setiap pemasukan pun senantiasa memberikan rasa cukup.

"Dengan rasa cukup, kita jadi tidak mudah merasa iri dengan kehidupan orang lain yang kita lihat dari media sosial," jelasnya.

Sementara itu, Finance & Business Planning Director, Bank Sampoerna Henky Saputra mengatakan krisis ekonomi yang mendadak terjadi, seperti pandemi Covid-19, menyediakan pelajaran penting bagi semua. Orang jadi melek pentingnya hidup terencana, memiliki tabungan, dan hidup hemat.

"Pola pikir ini diharapkan dapat meminimalisir risiko finansial mereka akibat situasi ekonomi yang dapat memburuk kapan saja dan secara mendadak pada masa mendatang," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement