Jumat 28 Jan 2022 15:14 WIB

Kacamata Pharrell Williams-Tiffany Mirip Era Mughal, Pengawas Mode: Itu Perampasan Budaya

Pharrell Williams dan Tiffany berkolaborasi membuat kacamata berhiaskan berlian.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Musisi Pharrell Williams tampil dengan kacamata hasil kolaborasinya dengan perusahaan perhiasan asal Amerika Serikat, Tiffany. Kacamata itu dinilai terinspirasi dari era Mughal, namun baik Pharrell maupun Tiffany tidak mengakuinya.
Foto:

Warganet rupanya tidak terkesan dengan unggahan Tiffany tersebut. Mereka muncul di bagian komentar dengan menuliskan pemikirannya.

"'Dirancang khusus' atau 'ditiru khusus'?" tanya satu orang.

"Dirancang? Di mana penghargaan untuk era Mughal abad ke-17 India?" kata yang lain berkomentar.

"Bahkan, tidak ada anekdot pada desain, abad ke-19 yang sebenarnya dan inspirasi Mughal? Atau apa pun tentang makna budaya asli," tulis warganet lain.

Dua pasang kacamata era Mughal berhiaskan berlian dan lensa hijau zamrud dilelang pada Oktober 2021. Rumah lelang Sotheby's mengatakan, kacamata itu dipesan oleh seorang pangeran abad ke-17 yang tidak dikenal.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tiffany & Co. (@tiffanyandco)

Menurut laporan Reuters, satu kacamata yang bernama "Gate of Paradise" memiliki lensa hijau zamrud yang terpasang di bingkai yang dipadukan dengan berlian. Sementara itu, yang kedua dijuluki "Halo of Light" karena memiliki lensa sebening kristal yang dipasang dalam bingkai berhiaskan berlian.

Lensa kacamata itu berasal dari abad ke-17 dan bingkai dari abad ke-19. Di media sosial, warganet kesal dengan fakta bahwa inspirasi desain sama sekali tidak disebutkan atau diakui baik oleh Tiffany maupun Williams.

"Jelas tidak baik-baik saja. Tolong hentikan jiplakannya," tulis seorang pengguna media sosial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement