Sabtu 29 Jan 2022 00:17 WIB

Terinfeksi Omicron, Berapa Lama Gejalanya Bisa Bertahan?

Orang yang terinfeksi varian omicron banyak yang bergejala ringan, juga asimtomatik.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi varian omicron dari virus penyebab Covid-19. Sebagian besar kasus omicron tidak menimbulkan gejala atau bergejala ringan.
Foto:

Fase perjalanan penyakit

Dalam linimasa perjalanan Covid-19, sebenarnya ada tiga fase umum yang akan terjadi. Fase ini dimulai dengan masa inkubasi atau waktu yang dibutuhkan untuk gejala muncul setelah terinfeksi. Secara umum, gejala akan muncul pada watu dua hingga 14 hari setelah infeksi.

"Meski tak mengalami gejala pada masa inkubasi, Anda bisa menularkan virus corona ke orang lain pada tahap ini," ungkap dr Maragakis.

photo
Infografis Gejala Omicron Muncul Setelah 48 Jam - (republika.co.id)

Fase berikutnya adalah fase aktif penyakit. Fase aktif ini bisa berlangsung selama satu hingga pekan untuk kasus ringan atau sedang, dan berbulan-bulan untuk kasus berat. Ada pula pasien yang asimtomatik atau tidak menunjukkan gejala sama sekali.

Fase selanjutnya adalah fase pemulihan. Pada sebagian orang, di fase pemulihan ini bisa terjadi gejala pasca-Covid atau long Covid, seperti batuk, demam, lemah, atau lelah. Gejala long Covid dapat berlangsung selama beberapa pekan hingga berbulan-bulan setelah seseoran pulih dari Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement