Selasa 25 Jan 2022 22:18 WIB

Selain Pengidap Diabetes, Siapa Saja yang Terancam Kena Covid-19 Parah Terkait Omicron?

Dokter mengingatkan infeksi SARS-CoV-2 varian omicron tetap dapat parah.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi varian omicron dari virus penyebab Covid-19. Sejumlah studi telah mengungkap bahwa tiap individu menunjukkan reaksi yang beragam ketika positif Covid-19.
Foto:

Menurut Jaria, orang-orang yang tidak divaksinasi lebih rentan mengalami gejala serius akibat omicron. Demikian juga dengan pasien yang lebih tua dan memiliki penyakit kronis. "Jangan sepelekan omicron, virus dengan varian ini tetap "berbahaya", sebab siapapun bisa jadi parah mengingat sistem imun kita belum mengenalinya," jelas Jaria.

Mengenai komorbid, Jaria menjelaskan bahwa ini adalah kondisi medis yang dapat memengaruhi individu menjadi kurang fit dan lebih rentan terhadap hasil negatif. Komorbiditas adalah kehadiran simultan dari dua atau lebih penyakit atau kondisi medis pada pasien yang secara individual, lebih secara gabungan, meningkatkan kerentanan pasien tersebut terhadap keparahan kondisinya.

photo
Infografis Gejala Omicron Muncul Setelah 48 Jam - (republika.co.id)

"Sehubungan dengan Covid-19, pasien dengan penyakit penyerta yang rentan adalah mereka yang mengalami diabetes, kanker, kemoterapi atau radioterapi kanker imunosupresif yang sedang berlangsung, dan pasien pasca transplantasi yang menjalani terapi imunosupresan," tutur Jaria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement