Kamis 20 Jan 2022 17:26 WIB

8 Makanan untuk Penurun Kolesterol 

Lemak hewani bisa diganti lemak nabati untuk mengurangi kadar kolesterol.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Sakit di kepala belakang bisa jadi tanda kolesterol tinggi (ilustrasi). Ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol.
Foto:

5. Buah-Buahan

Blackberry, blueberry, raspberry, delima dan stroberi kaya akan serat larut dan rendah gula.  Apel, pisang, dan pir juga menyediakan serat larut, tetapi berhati-hatilah dengan porsi buah-buahan ini karena mengandung lebih banyak gula.  Buah bisa menjadi tambahan yang bagus untuk oatmeal, salad, atau makanan ringan.

6. Kedelai, Edamame dan Tahu

Pola makan nabati bisa sangat ampuh.  Seperti yang telah kita lihat dengan kacang-kacangan, kedelai, edamame, dan tahu adalah semua pilihan yang menyehatkan jantung yang memberikan perasaan kenyang yang menyenangkan sekaligus juga berfungsi sebagai pengganti daging merah yang tinggi lemak jenuh.

7. Ikan

Potongan daging merah berlemak, yang meliputi daging sapi, babi, dan domba bisa diganti dengan ikan berlemak seperti salmon, herring, tuna atau mackerel. Jenis ikan ini menyediakan asam lemak omega-3 anti-inflamasi, lemak tak jenuh ganda, untuk membantu menurunkan berat badan. 

8. Minyak Zaitun dan Alpukat

 

Minyak zaitun extra virgin rendah lemak jenuh dan tinggi asam lemak tak jenuh tunggal, yang mendukung kesehatan jantung dan dapat meningkatkan HDL Anda. Anda bisa mulai menggunakan lemak nabati untuk menggantikan lemak hewani. Cara itu akan membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung Anda secara keseluruhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement