Kamis 13 Jan 2022 09:43 WIB

Dokter Amerika Ingatkan Bahaya Omicron yang Sebenarnya

Meski gejalanya ringan, namun dokter mengingatkan masyaraka untuk tidak berpuas diri.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Dokter Amerika mengingatkan bahaya omicron yang sebenarnya (ilustrasi).
Foto: Pixabay
Dokter Amerika mengingatkan bahaya omicron yang sebenarnya (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Varian omicron mendorong angka kasus positif Covid-19 kembali naik. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS), varian ini menyebabkan infeksi baru di AS telah meningkat lebih dari 85 persen selama sepekan terakhir. 

Banyak dari infeksi ini bergejala ringan, terutama di antara individu yang divaksinasi dan dikuatkan. Penasihat Covid-19 Gedung Putih, dr Anthony Fauci, mengonfirmasi, bahwa penelitian menunjukkan omicron tidak terlalu parah. Namun, baik Fauci maupun dokter di garis depan tetap memperingatkan agar tidak membiarkan berita ini membuat orang berpuas diri. Alasannya, rumah sakit di seluruh AS masih dipenuhi pasien Covid-19.

Baca Juga

Seorang dokter ruang gawat darurat yang bekerja di New York City dan Direktur Kesehatan Global dalam Pengobatan Darurat di Columbia Medicine, dr Craig Spencer, mencatat masalah utama yang terlihat di tengah penyebaran varian omicron. Terlepas dari vaksin dan fakta bahwa varian baru dikatakan menyebabkan penyakit yang lebih ringan, tetapi lonjakan yang sedang berlangsung masih menyebabkan bahaya bagi rumah sakit secara keseluruhan.

"Varian yang sangat menular seperti omicron, bahkan jika itu menyebabkan penyakit yang lebih ringan, masih bisa berisiko memicu kegagalan sistem perawatan kesehatan," kata Spencer dilansir di Best Life, Kamis (13/1/2022).

 

Pada Maret 2020, unit perawatan intensif di AS secara teratur penuh dan petugas kesehatan kewalahan dengan pasien yang membutuhkan oksigen dan ventilator tambahan. Menurut Spencer, sejauh ini dia tidak harus menempatkan pasien pada ventilator selama gelombang omicron baru-baru ini, juga sebagian besar pasien tidak membutuhkan oksigen tambahan. Di luar itu, petugas kesehatan juga memiliki lebih banyak alat untuk mengobati virus, seperti obat-obatan steroid dan antivirus oral.

“(Namun) alat ini masih belum cukup untuk memperlambat masuknya pasien dengan cepat yang sekarang kita lihat dari omicron, dan situasinya suram bagi petugas kesehatan dan rumah sakit," ujar Spencer.

Menurut dokter UGD itu, tingginya jumlah pasien positif Covid-19 juga menciptakan sumber paparan lain bagi petugas kesehatan, yang dikesampingkan dalam jumlah yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Saat ini, banyak rumah sakit mengalami lebih banyak infeksi karyawan pada satu waktu dibandingkan yang mereka lihat selama pandemi. 

Setidaknya, ada 819 ribu kasus Covid-19 di antara petugas kesehatan di AS pada Januari 2022. Selama gelombang ini saja, Spencer mengatakan beberapa rumah sakit di AS telah kehilangan 15 persen karyawan mereka atau lebih.

"Kenyataan pahit adalah lebih sedikit penyedia berarti lebih sedikit tempat tidur yang tersedia karena hanya ada begitu banyak pasien yang dapat ditangani oleh tim pada satu waktu," kata dia.

Hal tersebut juga berarti pengobatan lebih lambat dan orang menghabiskan lebih banyak waktu di UGD. "Semakin lama pasien ini tinggal di UGD, semakin lama yang lain berada di ruang tunggu," ujar Spencer.

Baca juga : Bukan Flu dan Batuk, Ini 4 Gejala Khas Omicron

Dia menekankan bahwa efek domino ini akan memengaruhi semua tingkat sistem perawatan kesehatan, mulai dari panti jompo hingga ambulans yang membutuhkan waktu lebih lama untuk menanggapi panggilan 911.

Ketua Departemen Kedokteran di University of California, San Francisco (UCSF) Bob Wachter, mengatakan konsekuensi kondisi itu bisa fatal. "Matematika omicron yang baru, agak lebih ringan kali secara masif lebih menular sama dengan rumah sakit kewalahan dan banyak kematian," tulis Wachter di Twitter.

Menurut Spencer dan Fauci, tindakan pencegahan yang telah didorong sejak awal pandemi, bahkan lebih penting saat ini. Meskipun Anda mungkin tidak terlalu khawatir terkena Covid-19 karena omicron yang menyebabkan penyakit lebih ringan, tetapi infeksi masih bisa menjadi parah. 

Anda mungkin akhirnya membutuhkan rawat inap atau dapat menginfeksi seseorang yang membutuhkannya. Spencer memperingatkan, menggantungkan diri pada rumah sakit dan ranjang rumah sakit adalah hal bodoh.

Dia menyarankan adanya tindakan kolektif selama beberapa pekan mendatang seperti penggunaan masker berkualitas tinggi, tinggal di rumah jika merasa tidak enak badan, dan mendapatkan vaksinasi atau booster jika memenuhi syarat. Langkah itu dapat membantu mencegah rumah sakit dan petugas kesehatan tergelincir ke dalam krisis.

Baca juga : Vaksin Merah Putih Masuki Tahap Optimalisasi Bibit Vaksin

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement