Sabtu 08 Jan 2022 09:05 WIB

Aktor Legendaris Sidney Poitier Meninggal Dunia, Apa Saja Filmnya?

Sidney Poitier merupakan aktor kulit hitam pertama yang meraih Oscar.

Aktor legendaris Amerika Serikat, Sidney Poitier, mendapatkan penghargaan sipil tertinggi Presidential Medal of Freedom 2009, dari Presiden Barack Obama pada 12 Agustus 2009. Poitier meninggal dunia pada Kamis (6/1/2022).
Foto:

Dari sana, Poitier mengambil peran akting dalam drama selama beberapa tahun berikutnya sampai debut filmnya di film bermuatan rasial No Way Out. Ras dan keadilan sosial akan menjadi tema sentral dalam banyak karyanya sepanjang tahun '50-an hingga '60-an.

Poitier mendapatkan nominasi Academy Award pertamanya pada 1959 untuk karyanya di The Defiant Ones. Nominasi itu penting bagi Amerika karena dia adalah orang Afrika-Amerika pertama yang dinominasikan untuk Aktor Terbaik. Peran itu juga membuatnya memenangkan Golden Globe dan BAFTA Award.

Poitier memecahkan lebih banyak lagi penghalang pada 1963 dengan film hitnya Lilies of the Field. Tahun berikutnya, Poitier menjadi orang Afrika-Amerika pertama yang memenangkan Aktor Terbaik di Academy Awards.

Kariernya terus menanjak selama beberapa tahun kemudian. Pada 1967, ia membintangi In the Heat of the Night serta Guess Who's Coming to Dinner, sebuah komedi romansa antar ras yang menghebohkan di Amerika.

Setelah itu, Poitier tampil di film-film berkesan lainnya, termasuk They Call Me Mister Tibbs dan Uptown Saturday Night yang membuatnya beradu peran dengan Bill Cosby. Poitier mendapat Presidential Medal of Freedom dari Presiden AS Barack Obama pada 12 Agustus 2009.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement