Jumat 07 Jan 2022 00:19 WIB

10 Gejala tak Biasa Covid-19 Akibat Varian Omicron

Infeksi varian omicron tetap dapat memicu gejala yang membuat tak nyaman.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Gejala infeksi SARS-CoV-2 varian omicron berbeda dengan gejala klasik Covid-19.
Foto:

Sejauh ini, studi menemukan bahwa varian omicron menyebabkan gejala yang lebih ringan dibandingkan varian delta, terlebih pada orang yang sudah divaksinasi. Menurut laporan dari Inggris, risiko perawatan di rumah sakit akibat varian omicron pada orang yang sudah divaksinasi juga 50-70 persen lebih rendah dibandingkan akibat varian delta.

Kemunculan varian omicron telah memicu terjadinya lonjakan Covid-19 di banyak negara. Di Amerika Serikat, misalnya, kasus Covid-19 baru bisa mencapai ratusan ribu dalam sehari.

photo
Beda gejala infeksi varian omicron dan delta. - (Republika)

Hal yang sama juga dialami oleh Inggris. Inggris baru saja mencetak rekor baru dengan penambahan 218.000 kasus Covid-19 baru dalam sehari.

Meski infeksi varian omicron dikabarkan lebih ringan, bukan berarti varian ini bisa disepelekan karena dapat menular dengan cepat. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan baik untuk melindungi diri sendiri dan juga orang-orang terdekat.

Baca juga : PB IDI : Varian IHU Diduga Kebal Terhadap Vaksin Covid-19

Dalam sebuah pernyataan pada Rabu (5/1/2022), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan masyarakat dunia agar tidak menganggap enteng omicron. Sebelumnya, sejumlah laporan yang beredar menyebut bahwa varian ini dikaitkan hanya dengan infeksi ringan dan menyebabkan sejumlah gejala yang mirip dengan common cold (pilek biasa, selesma).

"(Infeksi) omicron bukan common cold. Walaupun beberapa laporan menunjukkan penurunan risiko rawat inap omicron dibandingkan delta, masih terlalu banyak orang yang terinfeksi, dirawat rumah sakit, dan meninggal karena omicron (dan delta)," ujar ahli epidemiologi WHO Dr Maria Van Kerkhove dalam pernyataan melalui jejaring sosial Twitter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement