Rabu 05 Jan 2022 16:26 WIB

Penyakit Otak Misterius Menyebar di Kalangan Muda Kanada

Penyakit otak misterius muncul pertama kali di Kanada tahun 2019.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Kesehatan otak (ilustrasi). Penyakit otak misterius yang menimpa warga muda Kanada mirip dengan penyakit Creutzfeldt-Jakob (CJD), penyakit otak yang langka dan fatal.
Foto:

Ada delapan kematian yang dilaporkan, tetapi para pejabat mengatakan bahwa mereka tidak dapat menjamin penyakit otak misterius menjadi dalang dalam kematian tersebut. Misalnya, kontroversi ahli patologi mengklaim Laurie Beatty malah meninggal karena Alzheimer, sebuah kesimpulan yang dianggap janggal oleh keluarganya.

Bulan ini, sebuah makalah dari komite New Brunswick yang ditugaskan untuk menyelidiki penyakit tersebut menyatakan bahwa 48 kasus adalah hasil dari kesalahan diagnosis dokter otak. Komite peninjau klinis diketuai oleh direktur dua otoritas kesehatan New Brunswick, yaitu Vitalite Health Network dan Horizon Health Network.

Para ahli mengatakan, penyakit itu mungkin bisa dikaitkan dengan pemicu dari faktor lingkungan, misalnya Methylamino-L-alanine (BMAA). BMAA adalah racun yang berpusat di lingkungan laut dan dan air tawar dan telah dikaitkan dengan penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson.

Sebuah laporan yang diterbitkan pada bulan Oktober mengatakan bahwa survei terhadap 34 pasien penyakit ini tidak menemukan paparan makanan atau lingkungan yang bisa dicurigai sebagai penyebab. Penyakit misterius menyerang perempuan dan laki-laki segala usia, dengan usia rata-rata pasien adalah 59 tahun dan termuda 18 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement