Selasa 04 Jan 2022 15:24 WIB

5 Cara Redakan Kecemasan Akibat Beredarnya Varian Omicron

Banyak orang merasa cemas mengenai apa yang akan terjadi ketika omicron beredar.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan cemas (Ilustrasi). Penting untuk mengetahui cara mengatasi kecemasan yang mungkin muncul di masa pandemi ini, khususnya ketika kasus Covid-19 melonjak akibat varian omicron.
Foto:

Membatasi media sosial
Media sosial kerap menjadi "pelarian" untuk menghilangkan kepenatan dari berbagai hal yang terjadi saat ini. Sering kali, pelarian ini membuat seseorang terlena dan menghabiskan terlalu banyak waktu menjelajah media sosial.
photo
Cara meningkatkan kesehatan mental (ilustrasi) - (republika)
 

Hal ini akan membuat pengguna media sosial terpapar banyak informasi yang mungkin memicu stres atau kecemasan. Salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari stres dan kecemasan tersebut adalah membatasi penggunaan media sosial.

Mengenali perasaan

Mengenali dan memberi nama untuk perasaan yang sedang dialami bisa membantu memvalidasi dan memahami beragam emosi yang muncul bersamaan. Setelah mengenali perasaan yang dialami, seseorang akan lebih mudah untuk mencari cara mengatasi perasaan tersebut, misalnya melakukan meditasi atau latihan bernapas ketika merasa cemas.

Kendalikan apa yang bisa dikontrol

Tak semua hal yang terjadi di dunia saat ini bisa dikontrol. Oleh karena itu, coba alihkan fokus pada hal-hal yang memang bisa dikontrol. Berdamai dengan ketidakpastian mengenai hal-hal yang tak bisa dikontrol dapat membantu seseorang untuk melewati masa-masa ini dengan lebih baik.
 
Coba pula untuk berfokus pada restorasi dan perbaikan dengan menolong alam, hewan, atau sesama manusia. Menurut penelitian, salah satu jalan untuk meraih kesejahteraan dan kebahagiaan adalah membantu orang lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement