Jumat 31 Dec 2021 16:35 WIB

FDA: Tes Antigen Covid-19 Kurang Sensitif Deteksi Omicron

Penelitian awal menunjukkan tes antigen Covid-19 kurang sensitif terhadap Omicron.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Penelitian awal menunjukkan tes antigen Covid-19 kurang sensitif terhadap Omicron (Foto: ilustrasi tes Covid-19)
Foto: Pixabay
Penelitian awal menunjukkan tes antigen Covid-19 kurang sensitif terhadap Omicron (Foto: ilustrasi tes Covid-19)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Food and Drug Administration (FDA) menyebutkan bahwa penelitian awal menunjukkan beberapa tes antigen Covid-19 mungkin kurang sensitif dalam mendeteksi varian omicron yang notabene sangat menular.

FDA, bersama dengan peneliti dari National Institutes of Health, menggunakan sampel dari pasien yang dikonfirmasi terinfeksi varian omicron untuk mempelajari seberapa baik tes antigen bekerja. Badan tersebut mengatakan hasil awal menunjukkan bahwa tes antigen memang mendeteksi varian omicron tetapi mungkin telah mengurangi sensitivitas, yang berarti mungkin tes bisa melewatkan infeksi, atau dikenal sebagai negatif palsu.

Baca Juga

Jumlah kasus omicron telah melonjak di seluruh negeri, sehingga mendorong permintaan tinggi untuk pengujian cepat di rumah. Tes antigen dapat dilakukan di rumah, dengan hasil dalam hitungan menit. Sementara tes PCR diproses di laboratorium dan memiliki waktu penyelesaian lebih lama.

FDA tidak mengatakan bahwa orang harus menghindari penggunaan tes antigen. FDA tetap mengizinkan penggunaan tes ini seperti yang diarahkan pada pelabelan resmi. 

“Individu harus terus menggunakannya sesuai dengan instruksi yang disertakan dengan tes," kata badan tersebut dalam sebuah pernyataan, dilansir NBC News, Jumat (31/12).

Tes antigen umumnya kurang sensitif dan kecil kemungkinannya untuk mendeteksi infeksi yang sangat dini dibandingkan dengan tes molekuler. FDA tidak menentukan merek tes yang digunakan dalam penelitian ini. Gigi Gronvall, seorang peneliti senior di Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins, mengatakan dalam sebuah wawancara, bahwa temuan FDA menggarisbawahi tantangan yang ditimbulkan oleh sifat virus yang terus berkembang.

“Dengan setiap varian baru, kami harus memastikan bahwa pengujiannya berhasil, dan sepertinya pengujian tersebut berhasil untuk ini. Tetapi tidak mengambil infeksi sedini versi sebelumnya,” katanya. 

Jadi, Gronvall menyarankan jika seseorang merasakan gejala tetapi hasil tes antigen negatif, maka jangan buru-buru percaya dan berpuas diri. Penting untuk menguji kembali dan menahan sedikit asumsi bahwa hasilnya negatif.

FDA juga mendorong pengujian lanjutan bagi siapa saja yang dites negatif dengan tes antigen cepat tetapi mengalami gejala. Jika seseorang dites positif dengan tes antigen, maka harus mengisolasi diri dan mencari perawatan lanjutan bersama penyedia layanan kesehatan untuk menentukan langkah selanjutnya.

Sebelumnya Presiden AS Joe Biden mengumumkan bahwa pemerintah akan mendistribusikan 500 juta tes Covid-19 cepat ke rumah-rumah di AS secara gratis mulai Januari. Pemerintah federal juga berencana untuk mendirikan situs pengujian baru secara nasional, di samping 20.000 yang sudah beroperasi.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengeluarkan panduan baru yang mempersingkat waktu isolasi. Itu berlaku bagi orang yang dites positif Covid-19 tetapi tidak memiliki gejala. Mereka bisa diisolasi hanya selama lima hari, lebih singkat dari rekomendasi sebelumnya yaitu 10 hari. Ini menghubungkan perubahan dengan bukti yang berkembang bahwa virus paling menular dalam dua atau tiga hari setelah gejala muncul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement