Rabu 29 Dec 2021 22:29 WIB

Disimpan dengan Benar, Bawang Bombay Bisa Tahan Tiga Bulan

Bawang bombay bisa bertahan dengan cukup lama apabila disimpan dengan baik.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Bawang bombay bisa bertahan dengan cukup lama apabila disimpan dengan baik.
Foto: Pixabay
Bawang bombay bisa bertahan dengan cukup lama apabila disimpan dengan baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bawang bombay merupakan salah satu bumbu dapur yang bisa digunakan dalam berbagai macam masakan. Tak heran bila bawang bombay kerap dibeli dalam jumlah besar sekaligus sebagai stok di dapur

Agar bisa bertahan dalam waktu lama, bawang bombay perlu disimpan dengan baik. Cara penyimpanan yang tepat dapat membuat bawang bombay bertahan selama 1-3 bulan.

Baca Juga

Setidaknya ada empat hal yang perlu diperhatikan terkait penyimpanan bawang bombay. Berikut ini adalah hal-hal tersebut, seperti dilansir SouthernLiving, Rabu (29/12).

 

Simpan di Tempat Berventilasi Baik

National Onion Association mengungkapkan bahwa tempat terbaik untuk menyimpan bawang bombay adalah tempat yang berventilasi baik. Tanpa adanya ventilasi udara yang optimal, bawang bombay bisa membusuk lebih cepat.

Bila bawang bombay dibeli dalam kemasan plastik, pastikan bawang bombay dikeluarkan dari kemasan sebelum disimpan. Pastikan pula bawang bombay tidak disimpan terlalu bertumpuk rapat agar sirkulasi udara di dalam tumpukan bawang bombay tetap terjaga.

 

Simpan di Tempat Sejuk dan Kering

Bawang bombay akan membusuk lebih cepat bila terpapar kelembapan berlebih. Karena alasan inilah, bawang bombay sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas. Selain sejuk dan kering, pastikan tempat menyimpan bawang bombay terhindar dari panas dan paparan sinar matahari.

Bila sudah dibelah, bawang bombay sebaiknya disimpan di dalam kulkas. Bawang bombay yang sudah dibelah dan disimpan di wadah kedap udara bisa bertahan di dalam kulkas sekitar 1-2 pekan.

 

Hindari Penyimpanan Bersama Apel dan Kentang

Bawang bombay sebaiknya tidak disimpan berdekatan dengan apel dan kentang. Alasannya, kentang diketahui melepas kelembapan yang bisa membuat bawang bombay membusuk lebih cepat. Selain itu, apel dan kentang juga dapat menyerap aroma yang kuat dari bawang bombay.

 

Mengetahui Kapan Bawang Bombay Busuk

Sebenarnya cukup mudah untuk mengetahui apakah bawang bombay sudah dalam kondisi busuk. Salah satunya dengan melihat adanya spot atau bintik gelap di permukaan bawang bombay. Tanda lainnya adalah ada area yang terasa lunak ketika disentuh. Hindari pula bawang bombay yang sudah ditumbuhi kecambah. Hal lain yang perlu dilakukan adalah mencium aroma bawang bombay. Bila aromanya terasa aneh atau berbeda, ada baiknya bawang bombay tidak digunakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement