Rabu 29 Dec 2021 15:30 WIB

Epidemiolog Amerika Jawab 6 Pertanyaan Krusial Soal Vaksin dan Omicron

Efektivitas vaksin terhadap Omicron masih menjadi pertanyaan krusial.

Efektivitas vaksin terhadap Omicron masih menjadi pertanyaan krusial (Foto: ilustrasi)
Foto:

5. Apakah booster meningkatkan kekebalan terhadap Omicron?

Data awal menunjukkan dosis ketiga (booster) akan membantu meningkatkan respon imun dan perlindungan terhadap omicron, dengan perkiraan efektivitas 70-75 persen. Pfizer telah melaporkan bahwa orang yang menerima dua dosis vaksin rentan terhadap infeksi Omicron, tetapi suntikan booster bisa meningkatkan aktivitas antibodi terhadap virus.

Dosis booster dapat meningkatkan jumlah antibodi dan kemampuan sistem imun seseorang untuk melindungi dari omicron. Namun, tidak seperti di AS, sebagian besar negara di dunia tidak memiliki akses ke dosis booster.

 

6. Apakah vaksin masih berguna melawan Omicron?

Meskipun efektivitas vaksin terhadap Omicron menurun, namun dilihat dari efektivitasnya vaksin masih berguna dalam melawan virus. Seperti halnya vaksin flu yang 40-60 persen efektif mencegah infeksi pada jutaan orang dan rawat inap pada lebih dari 100 ribu orang di AS setiap tahun.

Akhirnya, vaksin tidak hanya melindungi mereka yang divaksinasi tetapi juga mereka yang tidak dapat divaksinasi. Orang yang divaksinasi cenderung tidak menyebarkan Covid-19, yang mengurangi infeksi baru dan menawarkan perlindungan kepada populasi masyarakat secara keseluruhan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement