Selasa 28 Dec 2021 14:25 WIB

Dua Tahun Pandemi, 4 Pertanyaan Soal Covid-19 Ini Belum Juga Terpecahkan

Para ilmuwan masih berjuang menjawab pertanyaan besar soal Covid-19.

Para ilmuwan masih berjuang menjawab pertanyaan besar soal Covid-19 (Foto: ilustrasi Covid-19)
Foto:

3. Apakah akan ada lebih banyak varian di masa depan?

Virus terus bermutasi. Kadang-kadang mutasi ini menghasilkan strain penyakit baru yang muncul dengan cepat dan menghilang. Di sisi lain, mereka bertahan dan menciptakan lonjakan kasus dan penyakit. Dalam dua tahun, Covid-19 telah bermutasi menjadi lima “variant of concern” menurut WHO yang ditinjau berdasar tingkat keparahan penyakit, efektivitas penanggulangan medis, dan kemampuan strain untuk menular antar manusia.

Pejabat kesehatan memperingatkan bahwa semakin lama pandemi berlangsung dan semakin banyak yang tidak divaksinasi, maka semakin banyak waktu bagi virus untuk menyebar dan bermutasi. 

"Kami masih belum mampu memprediksi varian baru dan memproyeksikan apa artinya di dunia nyata. Kami memiliki alat yang lebih baik untuk membaca materi genetik dan menentukan kapan varian muncul. Tapi kami tidak bisa membacanya seperti buku,” kata Gronvall.

 

4. Dari mana asalnya Covid-19?

Para ahli masih belum yakin bagaimana Covid-19 muncul. Teori yang berlaku saat ini adalah virus SARS-CoV-2 ditularkan dari binatang ke manusia. Gejala pertama Covid-19 dilaporkan di dekat pasar grosir seafood Huanan, Wuhan, China. Menurut berbagai sumber, termasuk studi Scientific Reports pada Juni 2021, pasar itu juga memperdagangkan hewan eksotis sebagai hewan peliharaan dan makanan, termasuk luwak, landak, hingga musang.

Namun yang lain mengklaim bahwa SARS-CoV-2 muncul dari kebocoran di laboratorium penelitian virus di Wuhan. Meskipun belum ada bukti kuat untuk mendukung teori kebocoran laboratorium, mantan Presiden Donald Trump dan para pendukungnya yakin dengan teori itu.

“Tapi karena pemerintah China menutup pasar Huanan dan menghapus semua bukti segera setelah kasus Covid dikaitkan dengannya, para peneliti kemungkinan tidak akan pernah menemukan penyebab hewan yang tepat,” kata Gronvall.

Untuk mengungkap lebih lanjut tentang munculnya Covid-19, musim panas ini, Presiden Joe Biden mengarahkan intelijen federal untuk kembali menyelidiki asal-usul virus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement