Kamis 23 Dec 2021 21:39 WIB

Ini Pekerjaan Incaran Kaum Milenial

Digital marketing menawarkan peluang karir yang begitu besar bagi anak muda.

Rep: Novita Intan/ Red: Fuji Pratiwi
Ilustrasi digital marketing. Pekerjaan di bidang digital marketing jadi incaran kaum milenial.
Foto: istimewa
Ilustrasi digital marketing. Pekerjaan di bidang digital marketing jadi incaran kaum milenial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemasaran digital atau digital marketing kian menjadi hal yang penting bagi banyak orang, khususnya anak muda Indonesia. Bahkan saat ini, tak jarang dari anak muda Indonesia yang menjadikan digital marketing sebagai aktivitas di dalam pengembangan bisnis atau karier.

Digital Marketing Manager Auntie Anne's, Irfan Rahdian mengatakan, digital marketing semakin penting keberadaannya karena tiga hal. Yakni, kian banyaknya orang yang memanfaatkan digital platform, memudahkan brand terhubung ke konsumen, serta membantu pertumbuhan brand

Baca Juga

"Sebagai gambaran pekerjaan yang punya relevansi dengan digital marketing itu seperti account executive, graphic designer, content writer, copywriter, dan masih banyak lagi. Jadi digital marketing itu bidang yang sangat luas dieksplorasi berkarir ataupun kalau berbisnis punya skill digital marketing itu sangat  membantu," ujar Irfan dalam keterangan resmi, Kamis (23/12).

Sementara itu, Digital Marketing Lead Ruangguru, Frastika Geovani, menilai, dari data yang ia paparkan, kebutuhan tenaga digital marketing terus meningkat seiring kebutuhan bisnis dalam meningkatkan penjualan. Tika bilang, tenaga digital marketing telah menjadi pekerjaan dengan permintaan paling tinggi selama era pandemi ini.

"Dengan permintaan setinggi itu, waktu untuk belajar marketing digital jadi tak bisa ditawar lagi dan ini bisa menjadi peluang yang besar pengembangan bisnis atau karier," ucapnya.

Berangkat dari hal ini, Tika pun menyarankan agar siapa saja yang ingin belajar digital marketing dari yang paling dasar berupa data analytical, content & copywriting, komunikasi dan kreativitas.

Langkah berikutnya untuk memilih platform digital apa saja yang ingin dikuasai misal Facebook Ads dan Google Ads. Adapun opsi lain belajar lebih cepat dan menyeluruh dengan mengikuti bootcamp.

"Selanjutnya kita bisa membangun portofolio yang isinya bekerja di mana, freelance apa, pernah membantu bisnis apa, dan lain-lain," ucapnya.

Baik Irfan maupun Tika sepakat, digital marketing menawarkan peluang karir yang begitu besar bagi anak muda di Indonesia. Terlebih penerapan ilmu tersebut bisa untuk tempat kerja maupun untuk berbisnis.

Seperti yang diketahui, pekerjaan di bidang digital marketing adalah yang paling tinggi kebutuhannya. Saat ini pun sudah begitu banyak sarana yang gratis maupun berbayar yang bisa diakses siapapun untuk menambah wawasan mengenai digital marketing.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement