Selasa 21 Dec 2021 07:50 WIB

Pemain Avatar 2 Totalitas Lakukan Adegan di Bawah Air

Para pemeran AVatar 2 harus benar-benar melakukan adegan di bawah air

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Pemain film Avatar 2 totalitas melakukan adegan di bawah air (ilustrasi).
Foto: 20th Century Fox.
Pemain film Avatar 2 totalitas melakukan adegan di bawah air (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Butuh lebih dari satu dekade bagi sutradara James Cameron untuk mematangkan sekuel film Avatar. Sineas yang juga mengarahkan film Titanic itu memperluas ranah geografis Pandora hingga ke lautan.

Dalam sebuah wawancara, Cameron membahas bahwa pada film pertama Avatar, dia menyisipkan pesan tentang deforestasi. Sementara, Avatar 2 mendatang bertujuan untuk mempromosikan konservasi laut.  

Baca Juga

"Saya melakukan hal-hal yang berhubungan dengan laut ketika tidak sedang membuat film. Jadi jika saya bisa menggabungkan dua cinta terbesar saya, penjelajahan laut dan pembuatan film fitur, mengapa tidak?," kata Cameron, dikutip dari laman IndieWire, Selasa (21/12).

Pria 67 tahun asal Kanada itu tidak ingin menggunakan teknik umum yang biasanya digunakan untuk simulasi pembuatan film di bawah air. Teknik itu disebut dry for wet yaitu pemeran seolah-olah basah padahal syuting dalam kondisi kering.

 

Menurut Cameron, teknik tersebut tidak terlihat nyata. Dia membiarkan timnya menjalankan tes dry for wet, kemudian melakukan syuting sungguhan di dalam air untuk perbandingan. Hasilnya disebut sangat jauh dari ekspektasi. Itu sebabnya Cameron enggan memakainya.

Sebagai gantinya, para pemeran harus benar-benar melakukan adegan di bawah air. Mereka harus menjadi penyelam skuba yang andal, juga belajar menyelam bebas untuk membatasi gelembung udara dan peralatan yang dibutuhkan untuk pengambilan gambar.

Aktor Sigourney Weaver, yang perannya masih rahasia, menahan napas lebih dari enam menit untuk memfilmkan adegannya. Sementara, aktris Kate Winslet menahan napas selama lebih dari tujuh menit. Aksi mereka bisa disimak pada Avatar 2 yang dijadwalkan tayang di bioskop pada 16 Desember 2022.

Produser Jon Landau menyampaikan, ada tangki melingkar selebar 12 meter dengan portal kaca besar di lokasi syuting. Dia mengaku takjub dengan totalitas para pemeran saat berlatih untuk adegan masing-masing dengan menahan napas di dalam tangki. 

"Saya lewat suatu hari dan melihat Kate Winslet berjalan di dasar tangki. Dia berjalan ke arah saya dan melihat saya di jendela. Dia melambai, berjalan sampai ke ujung dinding tangki, berbalik, dan berjalan lagi," ujar Landau.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement