Sabtu 18 Dec 2021 07:30 WIB

Vaksinasi Covid-19 Ibu Hamil, Amankah Bagi Janin?

Ibu hamil merupakan kelompok yang berisiko tinggi terpapar Covid-19.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Sejumlah ibu hamil antre untuk mendapatkan vaksin Covid-19 di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (8/9/2021). Vaksinasi Covid-19 penting untuk ibu hamil dan janinnya.
Foto:

Untuk saat ini, ada tiga pilihan vaksin yang dapat dipilih oleh ibu hamil, yaitu vaksin Covid-19 Sinovac, Pfizer, dan Moderna. Bila ibu hamil sudah mendapatkan dosis pertama dari vaksin Covid-19 AstraZeneca, maka dosis kedua akan dilanjutkan dengan vaksin dari Sinovac, Pfizer, atau Moderna.

photo
Ibu hamil di masa pandemi. - (Republika.co.id)

"(Vaksin) yang direkomendasikan adalah yang paling bisa diperoleh dengan mudah, paling cepat, jadi ibu hamil dapat terlindungi," jelas Chief Executive Officer Bamed dr Yassin Yanuar Mohammad SpOG MSc.

Sebagai tambahan, dr Nurida mengatakan pasangan yang sedang melakukan program hamil atau sedang menjalani kehamilan di masa pandemi perlu menjaga kesehatan dan tetap semangat. Tujuan utama yang perlu menjadi fokus adalah menjalani kehamilan yang aman dan sehat sehingga ibu dan bayi pun sehat.

"Jangan lupa tetap lakukan protokol kesehatan secara ketat, jangan terlena, dan jangan lupa untuk menjalani vaksin Covid-19," kata dr Nurida.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement