Selasa 14 Dec 2021 00:05 WIB

Jangan Lupa Minum Susu Setiap Hari, Ini Dampak Positifnya

Ada sejumlah efek positif minum susu apabila dikonsumsi setiap hari.

Ada sejumlah efek positif minum susu apabila dikonsumsi setiap hari (Foto: ilustrasi susu)
Foto: Pixabay
Ada sejumlah efek positif minum susu apabila dikonsumsi setiap hari (Foto: ilustrasi susu)

REPUBLIKA.CO.ID, 

Oleh: Shelbi Asrianti

Baca Juga

Rajin minum susu memiliki manfaat baik sekaligus dampak buruk yang tak terhindarkan. Berikut sejumlah efek positifnya bagi tubuh, seperti dikutip dari laman The List, Senin (13/12).

Bantu turunkan berat badan

"Minum susu setiap hari dapat mendorong penurunan berat badan dan pembakaran lemak," ujar Pakar diet Paul Salter. Ia juga menyampaikan bahwa minum tiga gelas susu per hari dapat lebih banyak menurunkan lemak dalam jangka panjang.

Hal itu terutama jika seseorang menjalani diet sehat dan rutin berolahraga. Beberapa pakar olahraga pun sepakat bahwa perempuan yang minum susu setiap hari lebih mungkin menurunkan berat badan daripada yang tidak.

Kebutuhan protein terpenuhi

Susu sapi menyediakan satu gram protein berkualitas tinggi per ons-nya. Minuman ini pun mengandung semua asam amino esensial, lebih baik dari mengonsumsi minuman bubuk protein.

Protein dalam susu juga dapat membantu menghentikan kebiasaan makan berlebihan. Protein memperlambat pencernaan, membantu seseorang lebih cepat kenyang dan tetap merasa kenyang lebih lama.

Sedikit kalori, banyak nutrisi

Susu menyediakan protein ekstra bagi mereka yang ingin menjadi sehat dan ramping. Pada saat yang sama, susu juga memberikan lebih banyak nutrisi untuk kalori yang relatif lebih sedikit secara keseluruhan.

Instruktur ilmu biomedis di Missouri State University, Natalie Allen, memberikan gambaran bahwa satu porsi delapan ons susu skim bebas lemak memiliki sekitar 90 kalori. "Artinya, kalori seimbang dengan kandungan nutrisi tinggi," ujarnya.

Jaga massa otot

Minum susu membantu perempuan yang sedang melakukan latihan kekuatan untuk mendapatkan hasil optimal. Pasalnya, susu membantu membangun otot yang kuat dengan rasio ideal karbohidrat dan protein.

Jenis protein yang terkandung dalam susu juga penting untuk latihan kekuatan dan pemulihan otot. Sumber protein hewani yang dikandungnya lebih mudah diserap oleh tubuh, sehingga membantu mempertahankan massa otot.

Penuhi kebutuhan kalsium

Sejak kecil, kita selalu diberi tahu susu mengandung kalsium. Itu memang benar, meski ada sejumlah nutrisi penting lainnya. Tiga nutrisi yang menjadi perhatian yakni kalsium, vitamin D, dan kalium.

Meskipun kalsium dapat diperoleh dari sumber lain, susu bisa dibilang merupakan cara termudah untuk memasukkannya ke dalam tubuh dengan cepat. Sebagai perbandingan, kalsium dalam satu gelas delapan ons susu sapi setara dengan 10 cangkir bayam.

Meski demikian, asupan kalsium perlu dibarengi dengan memenuhi kebutuhan magnesium. Ini karena tulang terdiri dari kalsium dan magnesium. Untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat, pastikan ada cadangan keduanya.

Baca juga : Risiko Serangan Jantung Meningkat Setelah Olahraga? Ini Kata Ahli

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement