Senin 13 Dec 2021 05:50 WIB

Air Kencing Berbau tak Sedap, Kapan Harus Periksakan ke Dokter?

Ada sejumlah kondisi yang dapat membuat air kencing berbau tidak sedap.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Kloset. Bau air kencing dapat menunjukkan gangguan kesehatan seseorang.
Foto:

Infeksi

Infeksi saluran kemih dapat menyebabkan urine berbau. Biasanya disebabkan oleh bakteri dari feses yang masuk ke saluran kemih akibat hubungan seks, kehamilan, pembesaran prostat (laki-laki), dan saluran kemih kotor atau tidak dijaga kebersihannya.

Diabetes tipe 2

Meskipun jarang terjadi, terkadang urine bisa berbau saat seseorang mengidap diabetes tipe 2. Ini adalah salah satu tanda yang kurang umum dari diabetes, di samping keluhan ekstra haus, sering buang air kecil, dan kelelahan.

NHS menyarankan segera menemui dokter umum jika mengalami air kencing berbau. Lakukan hal yang sama ketika mengalami buang air kecil tiba-tiba, lebih sering dari biasanya, atau pada malam hari. Apalagi jika ada gejala sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil, kencing terlihat keruh, ada darah, sakit perut bagian bawah, sakit punggung, di bawah tulang rusuk, merasa lelah dan tidak sehat, bingung atau gelisah, hingga memiliki suhu sangat tinggi atau rendah. Gejala-gejala ini dapat mengindikasikan ISK atau sesuatu yang lebih serius, seperti infeksi ginjal.

Urine berbau amis

Jika air kencing berbau "tidak enak", salah satu bau yang paling umum adalah ikan. Menurut Heathline, ada banyak hal yang bisa menyebabkan bau amis pada urine. Selain dari asupan, infeksi saluran kemih dapat menyebabkan "bau amis yang khas", sedangkan cairan berbau ikan pada vagina kemungkinan besar merupakan infeksi bakterial vagniosis (BV).

Ini juga bisa menjadi tanda gangguan metabolisme langka trimetilaminuria, di mana senyawa yang disebut trimetilamin diproduksi di usus setelah makanan berprotein tinggi. Proteinnya tidak dipecah dengan benar.

Pada pria, peradangan kelenjar prostat, yang dikenal sebagai prostatitis, dapat menyebabkan urine berbau amis. Masalah hati, batu ginjal, dan diabetes juga bisa menjadi penyebab yang mendasarinya. Untuk semua kasus di mana urine berbau aneh, penting untuk minum banyak air dan tetap terhidrasi.

Urine berbau amonia

Amonia (seperti logam) adalah bau lain yang bisa muncul saat buang air kecil, dan bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan yang mendasarinya. Urine yang berbau seperti amonia akan memiliki bau kimia kuat, disebabkan oleh konsentrasi urea produk limbah. Beberapa penyebab kondisi ini termasuk batu kandung kemih, infeksi saluran kemih, atau dehidrasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement