Senin 13 Dec 2021 05:09 WIB

Alat Tes Covid-19 Mandiri Picu Permasalahan di AS

Alat tes Covid-19 cepat mandiri yang bisa digunakan di rumah mulai umum di AS.

Alat tes Covid-19 cepat mandiri yang bisa digunakan di rumah mulai umum di AS (Foto: ilustrasi tes Covid-19)
Foto:

Popularitas alat tes Covid-19 cepat mandiri di AS semakin meningkat setelah pemerintah mengumumkan rencana penggratisan alat tes Covid-19 di rumah dan akan memperluas ketersediaannya. Food and Drug Administration (FDA) juga memberikan izin penggunaan darurat untuk 10 merek alat tes Covid-19 rumahan.

Menurut Managing Director Health Catalysts Group, Mara Aspinall, merupakan hal yang hampir mustahil untuk bisa mendapatkan data pasti mengenai seberapa banyak alat tes Covid-19 rumahan yang telah digunakan di AS setiap pekannya. Akan tetapi, Aspinall melakukan usaha terbaiknya untuk bisa mendapatkan estimasi jumlahnya.

Berdasarkan data yang dia himpun, Aspinall menilai ada sekitar 40 juta tes COvid-19 yang dilakukan di AS setiap pekannya. Dari jumlah tersebut, sebanyak 12 juta di antaranya merupakan tes PCR dan sekitar 28 juta merupakan tes antigen. Di antara tes antigen tersebut, sebagian besarnya dilakukan di rumah dan tidak pernah dilaporkan ke agensi kesehatan masyarakat.

"Merupakan hal yang jauh lebih baik bila kita mengetahui bagaimana tes dilakukan dalam cara yang akurat, bisa diandalkan, dan konsisten," jelas Aspinall.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement