Kamis 09 Dec 2021 13:52 WIB

Dokter: Mata Lelah Bisa Diatasi dengan Akupresur Mandiri

Akupresur mata lelah merupakan teknik yang relatif aman untuk dilakukan siapa saja.

Mengucek mata. Mata lelah ditandai dengan timbulnya rasa nyeri, pedih, gatal, berair, atau kering pada mata diikuti dengan pandangan kabur atau silau terhadap cahaya.
Foto:

Menurut dr Sri, akupresur mandiri merupakan salah satu cara mencegah dan menangani keluhan akibat mata lelah. Akupresur mandiri adalah pemijatan atau penekanan titik-titik akupunktur menggunakan jari tangan atau alat bantu tertentu yang dilakukan di tubuh sendiri.

"Akupresur mandiri untuk mata lelah memiliki kelebihan, yaitu relatif aman untuk diterapkan oleh siapapun, kapanpun, dan di manapun, serta dapat mencegah dan mengurangi keluhan mata lelah akibat dipakai bekerja, misalnya menatap layar monitor," katanya.

Untuk itu, FKUI mengadakan pelatihan akupresur mandiri guna mengatasi mata lelah atau astenopia. Pelatihan yang diselenggarakan secara daring tersebut diikuti oleh 170 peserta.

Mayoritas dari peserta pelatihan adalah pegawai kantor yang bekerja menggunakan gawai atau bekerja di depan layar monitor dalam waktu lama. Pelatihan yang berlangsung pada akhir November 2021 merupakan bentuk pengabdian masyarakat (pengmas) yang diketuai dr Sri serta melibatkan dosen dan peserta didik program studi Sp-1 Akupunktur Medik FKUI.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement