Rabu 08 Dec 2021 19:17 WIB

Museum Rumah Adat Nan Baanjuang Miliki 600 Koleksi Sejarah Bukittinggi

Museum Rumah Adat Nan Baanjuang terletak di Taman Marga Satwa Kinantan Bukittinggi.

Pekerja membuka bagian atap ijuk Museum Rumah Adat Nan Baanjuang, di Bukittinggi, Sumatra Barat,  Selasa (6/10/2020). Rumah adat ini menjadi salah satu museum terbaik di Kota Bukittinggi dan Sumatra Barat.
Foto:

Sesuai Perda Kota Bukittinggi Nomor 5 tahun 2005, menurut Silvia, luas bangunan museum berubah menjadi 2.798 meter persegi dengan bentuk Rumah Gadang Bagonjong Gajah Maharam dengan sembilan ruang. Ia menyebutkan, bangunan itu terdapat anjungan di bagian kiri dan kanan berupa rangkiang dengan khas pemakaian kayu dan ijuk.

"Sejak 1956, museum telah dilengkapi dengan patung kabau pedati yang kemudian dikelola dan dimiliki oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi."

Silvia mengatakan, permasalahan yang dihadapi saat ini ialah mengenalkan sejarah melalui pemanfaatan museum. Menurutnya, dinas terkait dan pemerhati bidaya harus memecahkan masalah tersebut demi mendongkrak ketertarikan pengunjung ke museum.

"Juga harus dioptimalkan keterangan pada benda sejarah, seperti belum ada yang berisi keterangan informasi koleksi (asal, kegunaan, nillai, makna dan fungsi), misalnya, masih hanya sebatas nama koleksi, juga untuk pengamanan koleksi seperti pembatas antara pengunjung dengan koleksi museum," ujar Silvia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement