Ahad 05 Dec 2021 01:40 WIB

Jadwal BAB tidak Teratur? Ini Cara Mengembalikannya

Rutinitas BAB yang tidak sesuai jadwal perlu diperbaiki.

Rutinitas BAB yang tidak sesuai jadwal perlu diperbaiki.
Foto:

Jadwal makan dan tidur

Larkey merekomendasikan agar orang tetap makan teratur dan menjaga rutinitas tidur. Melakukan ini secara teratur dapat membuat tubuh menyesuaikan diri dengan rutinitas. Jadwal buang air besar jadi lebih normal dengan dukungan makanan kaya serat yang konsisten, hidrasi, serta tidur.

Upaya menerapkan "waktu toilet" pada waktu yang sama setiap hari juga bisa dicoba untuk mengembalikan jadwal BAB teratur. Cara ini seperti mencoba duduk di toilet selama lima menit pada waktu yang sama setiap hari untuk melatih tubuh.

Tubuh akan tahu bahwa inilah saatnya untuk bersantai dan buang air besar. Cara ini paling baik dilakukan di pagi hari setelah konsumsi segelas besar air, kopi, atau makanan pertama. 

Hal ini memungkinkan refleks gastrokolik, mekanisme yang mengontrol bagaimana usus memindahkan makanan ke dalam rektum. Gunanya untuk membantu BAB lebih lancar di toilet. Lima menit adalah jumlah waktu yang disarankan untuk buang air besar, menurut Klinik Cleveland. Jadi, jika sempat gagal, coba lagi di lain hari.

 

Iritasi pencernaan

Menurut Larkey, kopi sering membantu menjaga jadwal buang air besar, tetapi sering kali menyebabkan gejala merugikan. Hal itu lebih menunjukan tidak adanya mandaat bagi sistem pencernaan.

Faktor masalah lain dalam buang air besar adalah berapa banyak lemak dalam makanan. Lemak adalah bagian penting dari nutrisi, jadi tidak perlu selalu menghindarinya. Sebaiknya tetap konsumsi serat aga dapat membantu jadwal BAB teratur sekaligus tekstur tinja yang ideal. Segera temui dokter jika mengalami kondisi mengkhawatirkan.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement