Kamis 02 Dec 2021 22:29 WIB

Studi Bandingkan Dua Vaksin mRNA, Moderna Juara

Vaksin mRNA Moderna tercatat sedikit lebih unggul dari Pfizer.

Vaksin mRNA Moderna tercatat sedikit lebih unggul dari Pfizer.
Foto:

Moderna sedikit lebih efektif daripada vaksin Pfizer adalah pertanyaan besar yang belum terjawab. Kedua vaksin sangat mirip, menghasilkan mRNA yang mengkode protein lonjakan SARS-CoV-2 yang sama. Para peneliti menunjukkan beberapa perbedaan kecil namun penting antara kedua vaksin yang dapat menjelaskan perbedaan efektivitas.

Perbedaan efektivitas antara vaksin BNT162b2 [Pfizer] dan mRNA-1273 [Moderna] mungkin disebabkan oleh kandungan mRNA vaksin yang berbeda (100 g untuk mRNA-1273 vs. 30 g untuk BNT162b2), perbedaan interval antara dosis priming dan boosting (4 minggu untuk mRNA-1273 vs. 3 minggu untuk BNT162b2), atau faktor lain, seperti komposisi lipid dari nanopartikel yang digunakan untuk mengemas konten mRNA.

Salah satu faktor yang tidak diselidiki oleh studi baru ini adalah perbedaan efek samping yang dilaporkan antara kedua vaksin. Sementara, efek samping yang serius dari kedua vaksin mRNA sangat jarang. Penelitian sebelumnya menunjukkan vaksin Moderna dapat menyebabkan tingkat efek samping ringan yang lebih tinggi setelah vaksinasi dibandingkan dengan Pfizer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement