Selasa 30 Nov 2021 00:05 WIB

8 Strategi Agar Makan Malam tak Bikin Berat Badan Naik

Makan malam sering dianggap jadi 'penyebab' naiknya berat badan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Makan malam sering dianggap jadi 'penyebab' naiknya berat badan.
Foto:

5. Rencanakan sarapan berprotein

Agar bisa mengontrol rasa lapar di malam hari, Anda bisa mengaturnya dengan sarapan kaya protein. Pflugrad merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya 10 hingga 15 gram protein di pagi hari. Sarapan berprotein tinggi meningkatkan kontrol gula darah yang lebih baik dibandingkan dengan sarapan yang tinggi karbohidrat atau lemak, yang kemudian dapat menahan keinginan untuk ngemil di malam hari.

 

6. Tetapkan waktu tidur

Tidak cukup tidur dapat membuat hormon rusak. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, kurang tidur memacu produksi hormon yang dapat mendorong Anda untuk makan lebih banyak, dan bahkan membuat Anda bingung antara merasa lelah dan merasa lapar.

 

7. Jangan banyak scroll media sosial

Terlalu banyak melihat media sosial kerap dianggap sebagai cara yang baik untuk bersantai. Namun sayangnya, menurut ulasan dari Current Obesity Reports, media sosial cenderung memiliki efek negatif pada citra tubuh bagi wanita dan gadis remaja, karena melihat foto demi foto tubuh ideal dapat menimbulkan emosi negatif pada tubuh.

 

8. Luangkan waktu untuk menghilangkan stres

Pflugrad menjelaskan bahwa stres tidak hanya menghambat penurunan berat badan, tetapi juga membuat kita selalu ingin makan makanan tidak sehat. Karenanya, manajemen stres sangat penting untuk menurunkan berat badan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement